News

Limbah Kulit Kopi Bisa Diolah Jadi Pakan Babi

 Senin, 19 Desember 2022, 22:48 WITA

beritabali/ist/Limbah Kulit Kopi Bisa Diolah Jadi Pakan Babi.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Badung. 

Akademisi Universitas Warmadewa (Unwar) merekomendasikan para peternak babi di Banjar Semanik, Desa Plaga-Kecamatan Petang-Badung untuk memanfaatkan limbah kulit kopi sebagai pakan babi. 

Langkah ini dalam upaya memanfaatkan Kembali limbah kulit kopi dan mengurangi pencemaran lingkungan. Pemanfaatan limbah kulit kopi juga menjadi bagian dari upaya mewujudkan produksi bersih dan mengimplementasikan konsep zero waste. 

“Disatu sisi limbah kulit kopi ini masih memiliki potensi yang cukup baik apabila dilakukan proses pengolahan menjadi bahan yang bermanfaat” kata Akademisi Unwar Dr. Ir. I Dewa Nyoman Sudita, M.P di sela-sela Kegiatan Kemandirian Masyarakat (KKM) program dari Ristek Dikti pada Minggu (18/12) di Petang, Badung. 

Menurut Sudita yang merupakan Kaprodi Magister Sains Pertanian (MSP) Unwar, berdasarkan hasil uji laboratorium fermentasi terhadap limbah kulit kopi  mampu memperbaiki kualitasnya terutama kandungan protein kasar (CP) dari 7-8% menjadi kisaran 11-17% menggunakan berberapa jenis probiotik. 

Hasil uji coba pada ternak babi yang telah dilakukan bersama mahasiswa sebagai substitusi 5-10% pada pakan komersial mampu meningkatkan pertumbuhannya dan kemampuan reproduksi ternak.

Sudita menyatakan kini sedang berlangsung penelitian pada ternak ayam kampung super. Sesuai dengan tujuan dan sasaran kegiatan ini adalah penerapan hasil-hasil riset dari hasil teknologi tepat guna yang telah dilakukan yang dapat diterapkan dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat. 


Halaman :


Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





News Lainnya :


Berita Lainnya :


Hasil Polling Calon Bupati Badung 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending