News

Erdogan Beri Sinyal Restui Finlandia Masuk NATO: Swedia Bakal Syok

 Senin, 30 Januari 2023, 23:09 WITA

beritabali.com/cnnindonesia.com/Erdogan Beri Sinyal Restui Finlandia Masuk NATO: Swedia Bakal Syok

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Dunia. 

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan memberi isyarat bahwa negaranya mungkin akan merestui Finlandia bergabung dengan Aliansi Pertahanan Negara Atlantik Utara (North Atlantic Treaty Organization/NATO). Meski begitu, Erdogan masih ogah menyetujui Swedia masuk NATO menyusul ketegangan kedua negara usai aksi pembakaran Al-Quran di kedutaan besar Turki di Stockholm.

Padahal, Swedia dan Finlandia tahun lalu sama-sama mendaftarkan diri untuk bergabung dengan NATO. Kedua negara Nordik itu saat itu mendapat penolakan dari Turki untuk masuk aliansi tersebut.

"Kami mungkin menyampaikan pesan yang berbeda kepada Finlandia (terkait rencana masuk NATO) dan Swedia akan terkejut ketika mereka melihat pesan kami," kata Erdogan dalam pidatonya yang disiarkan televisi Turki pada Minggu (29/1).

"Tetapi Finlandia harus tidak melakukan kesalahan yang sama seperti yang dilakukan Swedia," paparnya menambahkan seperti dikutip Reuters.

Turki kekeh menolak Swedia dan Finlandia masuk NATO gegara kedua negara itu masih mendukung kelompok Partai Pekerja Kurdistan (PKK) yang dinilai Ankara merupakan organisasi teroris.

Turki telah melayangkan sejumlah syarat seperti merepatriasi ratusan aktivis PKK yang selama ini berlindung di Swedia dan Finlandia jika ingin mendapat restu masuk NATO dari Ankara.

Namun, masalah semakin pelik setelah sekelompok massa yang dipimpin politikus ekstrem kanan Swedia-Denmark, Rasmus Paludan, menggelar demonstrasi sambil membakar Al-Quran di depan kedubes Turki di Stockholm pada pekan lalu.


Halaman :





Tonton Juga :





Trending