News

Aksi Bersih Pantai, Suwirta Temukan Banyak Puntung Rokok di Kawasan Umum

 Sabtu, 05 Oktober 2019, 14:25 WITA

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Klungkung. 

Beritabali.com, Klungkung. Di sepanjang aksi bersih pantai, Bupati Klungkung Nyoman Suwirta banyak menemukan puntung rokok di kawasan tempat umum. 

[pilihan-redaksi]
"Banyak puntung rokok yang saya temukan, bayangkan kalau sampai puntung rokok itu sampai kelaut maka akan mengancam trumbu karang kita. Sadari dan sadari bahwa puntung rokok itu akan mengancam trumbu karang kita, mengancam kesuburan tanah kita, karena puntung rokok tidak akan pernah hancur," Tegas Bupati Suwirta.

Hal itu dikatakannya saat hari pertama berlangsungnya Acara Nusa Penida Festival (NPF) yang ke-5 diawali dengan aksi Beach Clean Up Coral Tranplantation dipimpin langsung Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta bersama Ny. Ayu Suwirta didampingi Camat Nusa penida I Komang Widyasa Putra di pesisir areal Pelabuhan Banjar Nyuh, Desa Ped, Nusa Penida. Aksi ini diikuti oleh ratusan orang peserta yang berasal dari OPD, TNI Polri, siswa, komunitas peduli lingkungan serta seluruh elemen masyarakat, Sabtu (5/10).

Bupati Suwirta juga mengimbau kepada semua pemilik warung, villa maupun caffe untuk menyediakan tempat sampah dan menyediakan smoking area. Untuk mengatasi permasalahan puntung rokok, Pemkab Klungkung telah mengeluarkan Perda Tentang Kawasan Tanpa Rokok. "Tentunya ini harus kita sikapi bersama dan menjadi acuan untuk ikut menjaga kebersihan lingkungan utamanya dengan tidak membuang sampah dan puntung rokok sembarangan,” imbuhnya

Tak hanya aksi bersih pantai, di hari itu juga dilakukan penanaman atau transplantasi terumbu karang. Transplantasi ini pada dasarnya adalah untuk pelestarian ekosistem terumbu karang yang ada dilautan Nusa Penida. "Lakukan langkah preventif pemeliharaan terhadap terumbu karang. Karena satu-satunya kekayaan di Nusa Penida yang menjadi daya tarik wisata, Kalau terumbu karang kita hancur, maka tidak ada yang kita banggakan," ujar Bupati Suwirta dihapan seluruh peserta bersih pantai.

[pilihan-redaksi2]
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengatakan dari kegiatan ini tentu diharapkan dapat memberikan edukasi bagi seluruh masyarakat untuk ikut menjaga kebersihan lingkungan terumatanya kebersihan di pesisir sehingga tidak ada sampah yang mengotori pantai

“Kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya masih minim, terutama yang berlokasi di sepanjang pesisir pelabuhan Banjar Nyuh. Kami berharap masyarakat sadar lah, jangan sampai aktivitas masyarakat yang acuh membuang sampah sembarangan dapat merugikan banyak pihak, termasuk masa depan pariwisata di Nusa Penida," Ujar Bupati asal Nusa Ceningan ini.

Penulis : Humas Klungkung



Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





News Lainnya :


Berita Lainnya :


Hasil Polling Calon Bupati Klungkung 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending