Banner Image
Banner Image

News

Prancis Sebut Akan Sering Kirim Paket Senjata ke Ukraina

 Sabtu, 21 Mei 2022, 00:00 WITA

beritabali.com/cnnindonesia.com/Prancis Sebut Akan Sering Kirim Paket Senjata ke Ukraina

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Dunia. 

Presiden Prancis, Emmanuel Macron, berjanji akan mengintensifkan pengiriman pasokan senjata ke Ukraina menyusul invasi Rusia yang masih berlangsung. Hal tersebut disampaikan Macron saat berbicara dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky via telepon pada Selasa (17/5).

"Dia [Macron] mengonfirmasi bahwa senjata yang dikirim Prancis akan berlanjut dan akan meningkat intensitasnya dalam beberapa hari dan pekan mendatang. Sama seperti untuk pasokan peralatan kemanusiaan," demikian bunyi pernyataan resmi Kepresidenan Prancis dikutip AFP pada Jumat (20/5).

Kedua pemimpin negara ini juga membahas cara mengekspor biji-bijian Ukraina seperti gandum, yang menjadi andalan banyak negara miskin.

Ukraina telah lama menjadi salah satu lumbung pangan utama dunia. Mereka kini tengah berjuang untuk mengekspor produknya karena blokade laut Rusia.

"Kedua presiden juga membahas jaminan keamanan yang dapat diberikan Prancis kepada Ukraina sebagai bagian dari perjanjian internasional untuk menjamin penghormatan terhadap kedaulatan dan integritas teritorial negara itu," lanjut pernyataan itu.

Sebetulnya hubungan Macron dan Zelensky tampak tak begitu harmonis. Orang nomor satu di Ukraina itu pernah mengatakan Macron takut ke Putin.


Halaman :





Tonton Juga :





Trending