Ekbis

Aplikasi Laporan Keuangan: Deskripsi, Fungsinya untuk Bisnis

 Selasa, 18 Januari 2022, 20:55 WITA

bbn/ilustrasi/Aplikasi Laporan Keuangan: Deskripsi, Fungsinya untuk Bisnis.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Nasional. 

Mengelola keuangan bukanlah hal yang mudah, apalagi untuk mengelola keuangan sebuah bisnis, apalagi jika bisnis Anda baru saja dimulai, perlu trik dan pengelolaan keuangan yang baik agar kondisi keuangan usaha tetap stabil. Karena usaha yang sukses berawal dari keuangan yang baik.

Dalam mengelola keuangan baik itu pribadi atau bisnis, salah satu kunci utamanya adalah cermat mencatat jumlah uang masuk dan pengeluaran. Catatan ini bisa membantu Anda mengelola pengeluaran jika Anda merasa telah melewati batas pengeluaran keuangan.

Dengan semakin canggihnya teknologi informasi dan komputer, saat ini Anda tidak perlu repot lagi mencatat keuangan melalui laptop atau buku catatan keuangan. Sekarang Anda dapat membuat catatan keuangan bahkan hanya melalui smartphone saja, caranya cukup dengan menginstal aplikasi laporan keuangan, semua pengelolaan keuangan bisa dilakukan dalam handphone.

Apa itu Aplikasi laporan keuangan Bisnis?

Aplikasi laporan keuangan adalah sebuah program aplikasi yang digunakan untuk mengelola dan mengatur keuangan untuk berbagai kebutuhan, mulai dari keperluan pribadi, instansi hingga bisnis berskala kecil sampai besar.

Disebut juga perangkat lunak atau aplikasi pembukuan, aplikasi laporan keuangan di program untuk memproses pencatatan atau pembukuan transaksi keuangan UMKM atau perusahaan secara teratur, otomatis, lebih cepat, akurat, aman, dan real time. 

Pembukuan biasanya mencakup modal, kewajiban, keuntungan, aset, dan pengeluaran lainnya. Menggunakan aplikasi pembukuan yang memiliki fitur pelaporan yang lengkap, akurat dan mudah digunakan akan sangat membantu pemilik usaha dalam mengambil keputusan bisnis yang menguntungkan secara real time.

Perbedaan pembukuan Excel VS Fitur Aplikasi laporan keuangan

Biasanya penggunaan aplikasi excel tidak khusus untuk pembukuan saja, sehingga diperlukan rumus-rumus tertentu untuk dapat melakukan perhitungan pembukuan, sedangkan aplikasi laporan keuangan sudah memiliki fitur software pembukuan khusus sehingga proses pembukuan perusahaan dan bisnis dapat dilakukan secara otomatis, cepat, akurat dan nyata dan tepat waktu.

Aplikasi laporan keuangan Jurnal by Mekari Simpel dan Akurat Untuk Bisnis Anda

Dalam pembukuan perusahaan pasti selalu melakukan proses pencatatan yang dilakukan secara berkala untuk mengumpulkan informasi keuangan yang meliputi aktiva, kewajiban, biaya, pemasukan dan modal, termasuk juga informasi harga total transaksi atas jasa atau barang. Kemudian terakhir membuat laporan keuangan yang memuat neraca, laba rugi untuk rentang waktu tahun pajak.


Halaman :





Trending