News

95% Netizen Indonesia Baca Berita via Ponsel

 Rabu, 16 November 2016, 17:35 WITA

bbn/ilustrasi

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Nasional. 
Beritabali.com, Jakarta. UCBrowser, salah satu produk dari UCWeb yang masih berada dalam grup usaha Ali Baba merilis hasil survei penggunaan internet di Indonesia.
 
Diungkapkan sekitar 95,4% pengguna internet di Tanah Air membaca dan mencari berita melalui telepon seluler (ponsel), kemudian diikuti melalui TV 45,9%, koran/majalah 20,9%, komputer (personal computer/PC) 15,3%, dan radio 6,7%.
 
"Pengguna internet mobile di Indonesia cenderung meninggalkan media konvensional sebagai sumber informasi, dan beralih menggunakan internet sebagai pilihan utama untuk mendapatkan informasi dan hiburan," ungkap juru bicara UC Browser.
 
Hasil survei tersebut juga didukung data dari Aseanup.com yang menyatakan, Indonesia merupakan negara mobile first dengan 61% pengguna internet mengakses melalui perangkat mobile dan 39% melalui PC.
 
Dalam hal konsumsi media, Indonesia memiliki angka konsumsi media yang tinggi sebanyak 540 menit per hari. Konsumsi media di perangkat mobile mengambil bagian 291 menit per hari, lebih tinggi dari konsumsi media di TV, PC, dan laptop.
Tak hanya itu, data dari UC Browser juga menunjukkan bahwa 75,6% pengguna internet mobile di Indonesia membaca berita di ponsel lebih dari tiga kali sehari, dengan 11,8% di antaranya melakukan 2-3 kali sehari dan 11,1% nya satu kali sehari.
 
Data ini juga menunjukkan bahwa 56,5% pengguna internet di Tanah Air rata-rata membaca 4-12 artikel berita per hari.
 
Hal tersebut menunjukkan bahwa konsumsi konten berita di Indonesia telah memasuki era baru, berubah dari media tradisional ke perangkat mobile.
 
"Meningkatnya konsumsi berita tidak hanya meningkatkan permintaan terhadap konten, tetapi juga menjadi peluang untuk meningkatkan trafik bagi penyedia konten," jelas pihak UC Browser.[bbn/idc/psk]

Penulis : bbn/psk

Editor : Tantri



Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Trending