News

5 Manfaat Kesehatan Makan Singkong

 Jumat, 22 Januari 2021, 15:50 WITA

beritabali.com/ist/suara.com/5 Manfaat Kesehatan Makan Singkong

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Denpasar. 

Singkong merupakan makanan pokok di beberapa negara sebagai sumber karbohidrat. Di Indonesia sendiri, singkong juga sudah tidak asing. Singkong sebagai sumber energi juga tidak bisa dikonsumsi sembarangan. Karena, singkong mentah mengandung sianida alami yang beracun.

Sehingga harus direndam dalam waktu lama, dimasak atau difermentasi untuk keamanan serta manfaat nutrisinya. Anda bisa mengolah singkong mirip dengan sayuran lain, seperti kentang yang baik untuk penderita seliaka atau celiac. Tapi dilansir dari Well and Good, singkong juga memiliki banyak manfaat kesehatan, salah satunya kekebalan tubuh.

1. Kaya vitamin C

Singkong merupakan sumber vitamin C terbaik yang mendukung kekebalan tubuh dan produksi kolagen alami. Singkong bisa mengandung 29 miligram vitamin C, yang kira-kira 39 persen dari asupan harian yang direkomendasikan. Hubungan antara vitamin C dan peningkatan kekebalan tubuh juga cukup erat. Karena, singkong mengandung sejumlah besar asam askorbat.

2. Tinggi antioksidan

Satu porsi singkong juga menawarkan antioksidan, termasuk senyawa fenolik anti-inflamasi.  Asupan senyawa fenolik dalam makanan yang cukup membantu menyediakan berbagai antioksidan untuk mendukung proses kesehatan terkaitan peradangan jangka pendek dan panjang.

3. Karbohidrat kompleks

Karbohidrat adalah sumber energi yang disukai dan paling efisien untuk sistem saraf pusat dan otot. Singkong adalah pati yang memberikan energi sekaligus menawarkan vitamin, antioksidan dan serat tidak larut yang menjadikannya karbohidrat kompleks.

4. Serat

Singkong adalah sumber serat yang menyehatkan usus. Karena, 4 gram singkong bisa berkontribusi pada asupan serat makanan yang memadai, yang terkait dengan kontrol gula darah, penurunan kadar kolesterol darah dan peningkatan kesehatan usus secara keseluruhan.

5. Penglihatan

Singkong juga diperkaya dengan karotenoid provitamin A, yang membantu meningkatkan penyerapan vitamin A. Sedangkan, vitamin A memainkan peran penting bagi kesehatan mata. Para peneliti menyarankan mengonsumsi singkong secara substansial dapat meningkatkan asupan vitamin A dan mengurangi risiko defisiensi terkait risiko kesehatan.(sumber: suara.com)
 

Penulis : bbn/net






Tonton Juga :





Hasil Polling Calon Walikota Denpasar 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending