News

Dua Jet Tempur Tabrakan di Udara Saat Latihan, Satu Pilot Tewas

 Selasa, 31 Januari 2023, 00:39 WITA

beritabali.com/cnnindonesia.com/Dua Jet Tempur Tabrakan di Udara Saat Latihan, Satu Pilot Tewas

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Dunia. 

Seorang pilot tewas usai dua jet tempur militer India bertabrakan di udara ketika latihan pada Sabtu (28/1). Dua pilot lainnya dikabarkan luka-luka.

Kecelakaan itu terjadi saat kedua pesawat tengah melakukan latihan rutin yang melibatkan jet tempur Sukhoi Su-30 buatan Rusia yang dikendarai oleh dua pilot dan jet Mirage 2000 buatan Prancis dengan satu pilot. Berdasarkan laporan saksi mata, kedua jet itu bertabrakan sekitar pukul 10.00 waktu setempat.

Baca juga:
Jet Tempur ke Ukraina">'Kebanyakan' Minta, Jerman Ogah Kirim Jet Tempur ke Ukraina

"Pesawat itu dalam misi latihan terbang operasional rutin," demikian bunyi keterangan Angkatan Udara India seperti dikutip AFP.

Berdasarkan laporan India Today, korban tewas merupakan pilot jet Mirage, yang sebelumnya mengalami luka parah usai kecelakaan. Dua pilot Sukhoi dikabarkan menderita luka ringan. Kedua pesawat lepas landas dari pangkalan udara Gwalior.

Jet pertama jatuh di hutan Pahadgarh di negara bagian Madhya Pradesh tengah. Sementara jet kedua jatuh agak jauh di negara bagian Rajasthan.

"Dua pilot ditemukan di dekat lokasi kecelakaan, yang kemudian dievakuasi dengan helikopter IAF untuk segera mendapat pertolongan," kata inspektur polisi distrik Morena, Ashutosh Bagri.

Kecelakaan ini merupakan yang terbaru dalam serangkaian kecelakaan pesawat militer di India. Selama beberapa bulan terakhir, India memang mengalami rentetan kecelakaan penerbangan militer.

Pada Oktober misalnya, lima tentara tewas terbunuh dalam kecelakaan helikopter yang jatuh di negara bagian Arunachal Pradesh.

Insiden itu merupakan yang kecelakaan helikopter militer kedua di negara bagian tersebut bulan itu. Kecelakaan terjadi hanya beberapa minggu setelah helikopter Cheetah jatuh di dekat kota Tawang hingga menewaskan pilotnya.(sumber: cnnindonesia.com)
 

Penulis : bbn/net

Editor : Juniar



Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





News Lainnya :


Berita Lainnya :


Trending