Opini

Mikroplastik di Laut Bali Jadi Ancaman

 Rabu, 02 Agustus 2023, 02:33 WITA

beritabali/ist/Mikroplastik di Laut Bali Jadi Ancaman.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Denpasar. 

Mikroplastik merupakan salah satu bentuk dari sampah laut yang keberadaannya tidak mudah diketahui secara kasat mata, sebagaimana halnya sampah palstik. 

Isu mikroplastik akhir-akhir ini semakin banyak dibicarakan oleh berbagai kalangan masyarakat. Hal ini menunjukkan ketersadaran masyarakat bahwa mikroplastik telah berada begitu dekat dengan kehidupan sehari-hari dan mungkin sangat sulit untuk dihindari. 

Terlebih lagi hingga saat ini masih sedikit hasil-hasil penelitian ilmiah yang memberikan edukasi kepada masyarakat luas tentang keberadaan mikroplastik ini.

Mikroplastik merupakan produk turunan dari sampah plastik yang mengalami proses pelapukan oleh berbagai faktor alamiah maupun akibat aktivitas manusia. Disebut mikroplastik karena merupakan plastik yeng berukuran mikro. Menurut klasifikasi ukuran sampah plastik yang dikemukakan Lippiat, at al. (2013) mikroplastik berukuran 5mm - 1µm. 

Selain kandungan berupa bahan-bahan anorganik penyusun plastik itu sendiri, mikroplastik juga berpeluang untuk menjadi pembawa bahan-bahan pencemar  yang ada di perairan, karena menempel pada plastik. 

Oleh karena ukurannya yang kecil tersebut, sangat sulit terdeteksi secara visual dan meningkatkan kemampuannya masuk ke dalam jaring-jaring makanan di laut melalui proses absorbsi maupun akumulasi dalam tubuh organisme laut, sehingga sangat mungkin untuk sampai ke maja makan masyarakat luas.

Hasil praktikum pengamatan mikroplastik yang dilakukan oleh Mahasiswa Prodi MSDP Unwar dengan menyaring sampel air laut permukaan di Pelabuhan Benoa menggunakan plankton net, menemukan mikroplastik berbentuk serabut berukuran panjang antara 0,33-0,5 mm dengan kepadatan mencapai 110/m3. 

Tentu hasil ini masih sebatas informasi awal yang perlu didalami melalui kegiatan penelitian yang lebih seksama dengan metodologi yang tepat, untuk dapat dijadikan sebagai masukan dalam penanganan sampah laut yang lebih baik.


Halaman :


Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Hasil Polling Calon Walikota Denpasar 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending