News

Terdampak Pandemi, Pekerja Kapal Pesiar Bertani Sayur Organik

 Jumat, 19 Februari 2021, 08:50 WITA

beritabali/ist

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Jembrana. 

Setahun masa pandemi Covid-19 berlalu tidak menyurutkan semangat untuk bertahan di tengah perekonomian yang terpuruk bagi I Gusti Made Arjana (42) warga Banjar Tengah Desa Yeh Kuning, Jembrana. 

Sebagai mantan "waiter" di kapal pesiar, dirinya mengisi waktu luangnya dengan menanam sayuran organik. Dengan bermodal pengalaman pernah bercocok tanam saat kecil muncul niat untuk menanam sayuran organik. 

"Di masa sulit ini akibat virus corona banyak orang dirumahkan, termasuk saya ini pulang dari berlayar, hanya untuk mengisi waktu, selain itu sayuran merupakan semua orang membutuhkan," ujar I Gusti Made Arjana Kamis (18/02/2021). 

Made Arjana menambahkan, di saat sektor pariwisata terpuruk juga perekonomian yang tidak menentu ini, dirinya memiliki ide menanam berbagai jenis sayuran di lahan pribadinya. 

"Dan awalnya saya menanam sayuran di rumah hanya dikonsumsi sendiri, setelah saya coba unggah di media sosial ternyata banyak warganet memesan sejumlah sayuran," imbuhnya. 

Adapun jenis tanaman yang ditanam seperti, kangkung cabut, bayam hijau, bayam merah, sawi pagoda, sawi hibrida, terong, tomat, kacang panjang, pare, pokcay, kemangi, tomat, cherry, selada keriting dan lainya. 

Di masa pandemi ini, I Gusti Made Arjana memotivasi para pelaku pariwisata harus lebih kreatif dan inovatif agar tidak lebih terpuruk.

"Jika nanti saya saatnya kembali bekerja di kapal pesiar maka usaha sayur ini akan diberikan kepada adik untuk mengurusnya," tuturnya seraya mengatakan penghasilan dari hasil penjualan ini cukup untuk membeli kebutuhan sehari - hari.

Penulis : bbn/tim




Tonton Juga :



Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan pengiklan. Wartawan Beritabali.com Network tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.



Hasil Polling Calon Bupati Jembrana 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending