News

NASA Tuding China Akan Ambil Alih Bulan

 Senin, 04 Juli 2022, 21:28 WITA

beritabali.com/cnnindonesia.com/NASA Tuding China Akan Ambil Alih Bulan

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Dunia. 

Bos Badan Penerbangan dan Antariksa AS (NASA) Bill Nelson menuding China hendak menguasai Bulan. Negeri Tirai Bambu pun membantahnya.

Diketahui, China meningkatkan program luar angkasanya dalam satu dekade terakhir lewat eksplorasi Bulan sebagai fokusnya. Negara itu melakukan pendaratan tanpa awak bulan pertamanya pada 2013.



 

Mereka juga berharap untuk meluncurkan roket yang cukup kuat untuk mengirim astronaut ke bulan menjelang akhir dekade ini. Dikutip dari media Jerman, Bild, Nelson (79) memperingatkan saat ini perlombaan di luar angkasa terjadi antara pihaknya dengan China, berbeda dari kondisi di masa lalu, yakni dengan Uni Soviet dan kemudian Rusia.

"Ada perlombaan baru ke luar angkasa, kali ini dengan China," ucapnya, kemarin.

Salah satunya adalah rencana pendirian pangkalannya sendiri di Bulan pada 2035 bersama dengan Rusia. Jika itu berhasil, taikonaut, sebutan bagi astronaut dari China, dapat melakukan eksperimen di bulan mulai 2036.

"Kita mestinya sangat khawatir China mendarat di bulan dan berkata: 'ini milik kami sekarang dan Anda tak boleh masuk'," cetus Nelson.

Dalam perlombaan angkasa ini, kutub selatan Bulan secara khusus jadi wilayah yang diperebutkan karena diduga memiliki endapan air yang dapat digunakan di masa depan untuk menghasilkan bahan bakar roket. Artinya, siapa pun yang mendominasi sisi selatan bulan memiliki basis penting di luar angkasa.


Halaman :



Tonton Juga :



Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan pengiklan. Wartawan Beritabali.com Network tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.