News

Kabar Duka, Putra ke-9 Raja Terakhir Karangasem Tutup Usia, Begini Sosoknya

 Jumat, 19 Mei 2023, 07:40 WITA

beritabali/Agung Kosalya/Kabar Duka, Putra ke-9 Raja Terakhir Karangasem Tutup Usia, Begini Sosoknya.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Karangasem. 

Kabar duka dari penglingsir Puri Agung Karangasem, Ida Anak Agung Gde Putra Agung tutup usia pada usia 88 tahun pada Kamis (18/5/2023). 

Kabar duka ini dibenarkan oleh menantu Penglingsir Puri Agung Karangasem, AA Made Kosalya. Kepada awak media ia mengatakan, sebelum menghembuskan napas terakhirnya, mendiang sempat mendapat perawatan di RSUP Sanglah. 

Ida Anak Agung Gde Putra Agung dilarikan ke RSUP Sanglah pada Rabu (17/5/2023) karena mengalami infeksi paru - paru (pneumonia). Kondisinya kian memburuk hingga menghembuskan napas terakhirnya pada Kamis (18/5/2023) sekitar pukul 04.16 WITA. 

"Ida Pengelingsir berpulang sekira pukul 04.16 WITA di Wing International RS Sanglah. Saat ini, jenazah beliau sudah di Puri Agung Karangasem, upacara Pelebon nantinya akan dilaksanakan pada 30 Juni 2023 mendatang," kata Kosalya. 

Dijelaskan Kosalya, mendiang Ida AA Gde Putra Agung adalah putra ke-9 dari 10 putra Raja Karangasem yang terakhir yaitu, Ida AA Agung Anglurah Ketut Karangasem dan terlahir dari seorang permaisuri bernama I Dewa Ayu Mayun dari Sidemen Karangasem.

Sosok Ida AA Gde Putra Agung dikenal sebagai penglingsir sekaligus orang tua yang penyayang kepada keluarga. Karir mendiang sebelum menjalani masa pensiunnya sebagai seorang dosen, merupakan seorang guru besar Fakultas Ilmu Budaya Unud dan sebagai salah satu pendiri fakultas sastra sejarah.

Penulis : bbn/krs

Editor : Robby



Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Hasil Polling Calon Bupati Karangasem 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending