Misteri

Ahli Temukan Dunia Lain di Bawah Antartika Usia 14 Juta Tahun

 Minggu, 05 November 2023, 23:01 WITA

beritabali.com/cnbcindonesia.com/Ahli Temukan Dunia Lain di Bawah Antartika Usia 14 Juta Tahun

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Dunia. 

Rahasia dunia lain yang ada di bawah Lapisan Es Antartika Timur (EAIS) selama 14 juta tahun telah terungkap melalui studi data satelit dan pencitraan radar baru.

Menurut para peneliti, pelestarian pemandangan purba ini membuktikan fakta bahwa EAIS relatif tidak berubah selama ribuan tahun, namun stabilitas ini terancam oleh kenaikan suhu global yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Penulis studi ini menggunakan data satelit untuk mengidentifikasi undulasi di permukaan lapisan es yang memberikan petunjuk mengenai sifat medan di bawahnya. Dengan menggunakan teknik radio-echo sounding, mereka kemudian dapat mengambil gambar lanskap yang tertutup es di area seluas 32.000 kilometer persegi.

"Dunia di bawah Lapisan Es Antartika Timur belum banyak dipelajari, bahkan dibandingkan permukaan Mars," jelas penulis studi Profesor Stewart Jamieson, dikutip IFL Science, Kamis (2/11/2023). "Hal ini menjadi masalah karena bentang alam tersebut mengontrol aliran es di Antartika, dan mengontrol cara es tersebut merespons perubahan iklim di masa lalu, saat ini, dan di masa depan," imbuhnya.

Para peneliti mengidentifikasi tiga blok dataran tinggi yang dibuat oleh sungai dan dipisahkan oleh lembah dalam berbentuk U. Kemungkinan besar saluran air yang membentuk lanskap, mengalir selama dan setelah pecahnya benua super Gondwana, sebelum gletser pertama muncul dan membantu mengikis lembah hingga kedalaman sekitar 800 meter.


Halaman :





Tonton Juga :





Trending