Banner Image
Banner Image

About Bali

Seraya Culture Fest 2023

Nyaris Punah, Banten Dulangan Seraya Kembali Dibangkitkan

 Senin, 02 Oktober 2023, 19:34 WITA

beritabali/ist/Nyaris Punah, Banten Dulangan Seraya Kembali Dibangkitkan.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Karangasem. 

Seraya Culture Fest kembali digelar pada tahun 2023 ini. Tak hanya menampilkan atraksi Gebug Ende khas Seraya, pada festival kali ini juga dijadikan sebagai ajang pelestarian tradisi "Dulangan" yang nyaris punah termakan zaman.

Bendesa Adat Seraya, I Made Salin mengatakan, lewat Seraya Culture Fest tahun 2023 ini, ia ingin membangkitkan kembali tradisi Dulangan yang nyaris punah di Desa Adat Seraya. 

Dulangan sendiri merupakan jenis banten khusus yang terdiri dari beberapa jenis jajan seperti bekayu dan jajan uli yang dibungkus dan ditata hingga setinggi 1 sampai 2 meter untuk dihaturkan pada saat upacara usaba kapat. 

"Dulu banyak yang buat, tapi sekarang sudah jarang, bahkan hampir punah. Kendati masih ada yang membuat, biasanya karena untuk membayar kaul tertentu. Biasanya doa agar dilancarkan urusan atau apapunsejenisnya, jika doa mereka terwujud mereka bernasar akan membuat banten dulangan ini," ujar Salin. 

Dalam Seraya Cukture Fest tahun 2023 yang akan berlangsung pada 6 sampai 8 Oktober ini keberadaan dulangan ini akan kembali ditampilkan yang dikemas dalam bentuk mepeed dengan harapan dulangan ini bisa kembali eksis yang dilestarikan sehingga tidak punah ditelan zaman. 

Sementara itu, Ketua Panitia Seraya Culture Fest, I Wayan Supartama saat jumpa pers, Minggu (1/10/2023) di Karangasem mengatakan, Seraya Culture Fest sebenarnya sudah dilaksanakan sejak tahun 2014. Namun gaungnya festival ini baru sejak setahun yang lalu. 


Halaman :









Hasil Polling Calon Bupati Karangasem 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending