About Bali

Diyakini Berkhasiat, Melukat Pura Telaga Waja Tidak Boleh Berpakaian

 Senin, 12 Desember 2022, 13:10 WITA

beritabali/ist/Diyakini Berkhasiat, Melukat Pura Telaga Waja Tidak Boleh Berpakaian.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Gianyar. 

Desa Kendran, Kecamatan Tegallalang memiliki Pengelukatan di Pura Telaga Waja. Air Tirta di pura itu dipercaya memberikan rejeki berupa keturunan. Lantaran disucikan, ada tata cara saat melihat disana.



Perbekel Desa Kendran, I Dewa Gede Jaya Kesuma, menyatakan Pura Telaga Waja merupakan tempat memohon bagi yang belum punya keturunan. 

“Keluarga kami banyak terbukti dengan minta sama beliau,” ujarnya.

Untuk yang mau ke Pengelukatan, membawa satu Banten pejati. “Di pemedal utama ada 4 mata air yang keluar dari segala penjuru arah. Disana ada Jero mangku, bebas mau kesana. Syaratnya tidak boleh orang cuntaka,” ujarnya.

Selanjutnya, yang terpenting, ketika akan melukat, harus telanjang bulat. Untuk menjaga kesucian pura. Kalau mandi pakai kain, sama dengan mencuri disana. Itu sudah jadi warisan leluhur, tidak ada yang berani merubah, mandi pakai celana saja tidak boleh,” jelasnya.

Di pura itu, ada Pancoran untuk lelaki dan perempuan. “Hanya dipisahkan oleh undag (tangga, red). Ini asli Bali. Kami bisa melakukan itu, karena tempat suci, jadi ke arah pikiran negatif belum ada,” tutupnya.


Halaman :



Tonton Juga :



Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan pengiklan. Wartawan Beritabali.com Network tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.



Hasil Polling Calon Bupati Gianyar 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending