Wisata

Makanan Fermentasi Yang Mudah Dibuat Dirumah

 Selasa, 25 Januari 2022, 16:50 WITA

bbn/resepistimewa.com/Makanan-Makanan Fermentasi yang Mudah Dibuat di Rumah

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Nasional. 

Meski melalui proses fermentasi, makanan-makanan fermentasi banyak yang mudah dibuat dari rumah. Ada banyak makanan yang bisa dibuat di rumah, berikut rekomendasinya.



 

1. Acar

Makanan fermentasi satu ini sering dijadikan sebagai makanan pelengkap pada nasi goreng hingga martabak telur.

Acar terbuat dari berbagai macam sayuran seperti timun, bawang, atau wortel yang kemudian difermentasi bersama gula, garam dan cuka, sehingga menghasilkan rasa yang asam nan segar.

Dalam proses fermentasi ini, bakteri baik di dalam cuka dapat membantu memecah gula dan selulosa yang sulit dicerna dalam makanan. Bakteri inilah yang membantu menjaga makanan tetap awet sekaligus menambah jumlah bakteri baik dalam usus.

2. Kefir

Kefir merupakan produk susu fermentasi. Dalam jurnal Milk kefir: nutritional, microbiological and health benefits, menyatakan minuman kefir tidak hanya membantu meningkatkan pencernaan laktosa, tetapi juga mengandung jumlah laktosa yang lebih sedikit dibandingkan susu.

Ketika biji kefir dan susu digabungkan untuk membuat minuman kefir, bakteri dalam biji kefir membantu proses fermentasi dan memecah laktosa dalam susu. Selain yang dapat meningkatkan pencernaan laktosa, kefir juga terbukti dapat mengurangi peradangan, dan meningkatkan kesehatan tulang.

3. Kombucha

Kombucha merupakan teh yang difermentasi (biasanya jenis teh hijau atau teh hitam) sehingga menghasilkan soda bercita rasa asam dan juga memiliki aroma yang kuat. Kombucha saat ini sangat mudah ditemui di supermarket atau Moms dapat membuatnya sendiri di rumah.

4. Kimchi

Kimchi merupakan makanan pendamping khas Korea yang merupakan makanan fermentasi dari berbagai macam sayuran seperti kubis, lobak, daun bawang dan lain-lain.

Mengutip dari Seoul.com, kimchi memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan seperti mengurangi kolesterol, mencegah kanker perut, menurunkan berat badan dan masih banyak manfaat lainnya.


Halaman :