Wisata

Gurih Pedas Serombotan Kacang Klungkung

 Selasa, 15 November 2016, 21:17 WITA

Beritabali.com

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Klungkung. 

Begitu mendengar kata serombotan pikiran pasti langsung tertuju pada Kota Klungkung. Kota yang identik dengan sebutan bumi serombotan. Jenis makanan ini bahkan bisa ditemui hampir di semua desa di Klungkung.Serombotan ini merupakan makanan khas dari daerah Kabupaten Klungkung yang dibuat dari campuran beberapa jenis sayuran, kacang-kacangan dan bumbu. 



Hidangan ini biasanya untuk temannya nasi. Saking enaknya dan laris, kini daerah penjualannnya semakin meluas dan tidak terbatas di daerah Klungkung saja.Jika selama ini serombotan lebih banyak didominasi oleh sayuran, kini Anda bisa menemukan menu serombotan baru yaitu serombotan kacang.

Menu serombotan kacang ini hanya bisa ditemui di Banjar Kayehan Desa Dawan Kaler Klungkung.Dari namanya serombotan kacang tentu didominasi oleh berbagai jenis kacang yang direbus. Jenis-jenis kacang yang biasa dipakai adalah kacang merah, kacang tanah, kacang hitam dan kacang ijo.Berbagai jenis kacang tersebut dikombinasikan dengan sambal kelapa yang menjadi sambel khas dari serombotan.Menu serombotan kacang belum bisa ditemui setiap saat karena hanya tersedia di pagi hari. Cara penjualannya juga cukup unik yaitu dijual keliling dari rumah ke rumah.


Halaman :



Tonton Juga :



Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan pengiklan. Wartawan Beritabali.com Network tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.



Hasil Polling Calon Bupati Klungkung 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending