Sosok

Taksu Magis Maestro Penari Bali I Mario yang Tak Tergantikan

 Senin, 29 April 2024, 22:24 WITA

bbn/YouTube/Taksu Magis Maestro Penari Bali I Mario yang Tak Tergantikan.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Tabanan. 

Prof. DR. Made Bandem, menilai legenda penari Bali I Ketut Marya atau I Mario merupakan seorang seniman Genius. Selain sempat diajar menari oleh sang maestro di Peliatan, Prof. Bandem, juga memaparkan beberapa sumber seperti buku dan film.

Prof. Bandem menyebutkan ada sebanyak tujuh buku baik itu terbitan luar negeri ataupun dalam negeri yang menyebutkan I Ketut Marya sebagai seniman yang genius. Mulai dari buku Dance Drama in Bali tahun 1938 karangan Beryl deZote dan Walter Spies yang mengisahkan tentang I Ketut Marya.

Selanjutnya adalah buku Island of Bali karya Miguel Covarrubias (1937), seorang ahli Sosiologi asal Mexico yang tinggal di Belaluan Denpasar (1930-1934). 

"Dalam bukunya Covarrubias menyebut Pak Mario ini memiliki gerak gerik ular kobra, selanjutnya dalam buku Dance out of Bali (1952), menyebut Ketut Marya sebagai Patung Zaman Romawi (Michael Angelo)," jelasnya Minggu (28/4).

Selain buku, Prof Bandem menyebutkan ada setidaknya empat film yang mengisahkan tentang kehidupan Marya. Rata-rata film tentang kehidupan Marya ini, ditemukan di beberapa negara Eropa seperti Swiss, Belanda dan juga di Amerika.

"Untuk film-film tentang Ketut Marya ini, salah satunya yakni film dokumenter karya Colin McPhee sudah kembali ke Bali dan sudah direpatriasi oleh Dr. Edward Hebat dan Made Marlowe Bandem," lanjutnya.

Prof Bandem mengungkapkan lima alasan kenapa InKetut Marya disebut sebagai seniman genius, mulai daris aspek biologis, dimana Ketut Marya yang lahir di Banjarangkan Klungkung pada tahun 1897. Terlahir di keluarga miskin, namun diakui Prof. Bandem Ketut Marya memiliki tubuh yang sehat dengan tinggi badan mencapai 170 cm.


Halaman :


Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Hasil Polling Calon Bupati Tabanan 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending