Seksologi

Menyusui Bikin Libido Drop, Ini Yang Harus Dilakukan Pasangan

 Minggu, 30 Juni 2024, 12:10 WITA

beritabali.com/cnnindonesia.com/Menyusui Bikin Libido Drop, Ini Yang Harus Dilakukan Pasangan

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Nasional. 

Sangat wajar kehidupan seks berubah setelah memiliki anak. Namun kabar baiknya, menyusui dan seks bisa berjalan beriringan dengan sedikit modifikasi.

Sebagian ibu baru perlu mengantisipasi beberapa hal setelah persalinan dan selama menyusui. Masa pemulihan, rasa lelah, dan perubahan hormonal memengaruhi banyak hal termasuk kehidupan seks.

Selama masa menyusui, ibu merasakan beberapa perubahan. Pertama adalah gairah seks yang menurun.

Dokter spesialis kandungan di Texas, AS Heather Bartos mengatakan, dorongan seks berubah setelah melahirkan karena berbagai alasan. Salah satunya adalah fluktuasi hormon.

Selama kehamilan dan menyusui, hormon prolaktin merangsang payudara untuk memproduksi ASI. Hanya saja, kadar prolaktin yang tinggi menekan estrogen sehingga hasrat seksual menurun.

Kondisi ini ditambah penurunan testosteron yang juga berkaitan dengan libido.

Faktor kedua adalah kekeringan pada vagina yang disebabkan oleh penurunan kadar estrogen. Penurunan ini berakibat pada penurunan aliran darah dan pelumasan pada alat kelamin.

"Oleh karena itu, ibu menyusui mungkin akan mengalami kekeringan pada vagina dan peningkatan nyeri tekan pada vagina," kata perawat dan konsultan laktasi Amey Fields, mengutip dari The Bump.

Faktor terakhir adalah payudara yang terasa sakit serta adanya kebocoran ASI. Hal ini sering kali membuat hubungan intim tidak masuk dalam agenda karena masih pemulihan.


Halaman :


Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Trending