Sejarah

Sejarah TNI di Indonesia Yang Diperingati Setiap 5 Oktober

 Rabu, 05 Oktober 2022, 11:05 WITA

beritabali.com/cnnindonesia.com/Sejarah TNI di Indonesia Yang Diperingati Setiap 5 Oktober

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Nasional. 

Tentara Nasional Indonesia (TNI) adalah angkatan bersenjata tanah air yang memiliki tugas penting dalam melindungi kedaulatan dan keutuhan negara. Terbentuknya TNI di Indonesia tidak lepas dari perjuangan bangsa Indonesia untuk mencapai kemerdekaan bangsa dari ancaman penjajah.

Sejarah TNI di Indonesia

Merujuk laman resminya, awal mula TNI sudah ada sejak awal kemerdekaan. Saat itu Indonesia masih berjuang untuk mempertahankan kemerdekaan dari ancaman kolonial Belanda yang hendak menguasai kembali tanah air.

Sebutan untuk angkatan bersenjata ini pun tidak langsung diberi nama TNI. Organisasi ini melewati serangkaian proses yang panjang dan perubahan-perubahan, berawal dari pembentukan Badan Keamanan Rakyat (BKR).

Badan Keamanan Rakyat terbentuk secara independen dari masyarakat. Lalu pemerintah mengambil alih sistem peraturan dan mengganti BKR jadi Tentara Keamanan Rakyat (TKR).



TKR diresmikan pemerintah pada 5 Oktober 1945. Fungsi dan tugasnya jadi lebih spesifik karena saat itu Indonesia tengah menghadapi peperangan kemerdekaan.

Atas perintah Presiden Soekarno pada 3 Juni 1947. Istilah TKR diubah jadi Tentara Nasional Indonesia (TNI) karena tanggung jawab mereka mencakup seluruh wilayah tanah air.

Di Indonesia, TNI terdiri atas tiga matra atau angkatan, yaitu TNI Angkatan Darat (TNI AD), TNI Angkatan Laut (TNI AL), dan TNI Angkatan Udara (TNI AU).

Meski sempat terjadi pergantian nama beberapa kali, tanggal resmi untuk memperingati HUT TNI yaitu pada 5 Oktober. Penetapan ini berdasarkan tanggal resmi pembentukan TKR. Dengan demikian, tahun ini TNI memperingati hari jadinya yang ke-77.


Halaman :



Tonton Juga :



Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan pengiklan. Wartawan Beritabali.com Network tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.