Banner Image
Banner Image

Sejarah

Potret Tenaga Pendidik di Bali Tempo Dulu

 Minggu, 07 Mei 2023, 12:06 WITA

beritabali.com/ist/Potret Tenaga Pendidik di Bali Tempo Dulu

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Denpasar. 

Sejarah perjuangan menjadi seorang guru ini, berdasar kisah seorang pendidik asal Jembrana Bali, yang ditulis dalam buku biografi "Sang Guru, Sebuah Memoar Tentang Perjuangan dan Pengabdian, Drs I Nyoman Sirna MPH", yang ditulis Indrawati Muninjaya.

Sang Guru, Nyoman Sirna, lahir pada 25 Juni 1925 di Desa Penyaringan, Kecamatan Mendoyo, Jembrana,Bali.

Pada tahun 1941 saat berunur 16 tahun, Nyoman tamat Vervolgschool (setara SD saat ini). Nyoman ingin melanjutkan ke sekolah pendidikan guru.

Satu-satunya Sekolah Guru di Bali waktu itu ada di Klungkung. Tapi bagi yang ingin masuk di sana harus menjalani tes di Kota Singaraja.

Setelah bertanya kepada sejumlah tetangga, Nyoman memutuskan untuk naik bus ke Kota Singaraja. Pada masa itu, seluruh perjalanan antar kota di Bali dilayani satu bus yakni bus SB (Sing Bie). Bus ini lewat setiap hari di Desa Penyaringan.

Pagi-pagi sekali, Nyoman sudah berdiri di pinggir jalan menunggu bus SB. Di sampingnya ada sang kepala sekolah, Ketut Putera. Kepala Sekolah Nyoman akan menjelaskan kepada sopir bus tujuan kepergian Nyoman yang baru pertama kali bepergian jauh.

Bus yang ditunggu pun datang. Penumpangnya sudah penuh termasuk barang bawaan. Atas bus penuh dengan aneka jenis barang. Pak kepala sekolah bergegas menitipkan Nyoman Sirna kepada sopir bus.

Nyoman kemudian menyelinap di antara sesaknya penumpang dan mengambil tempat duduk bagian depan. Sepanjang jalan, Nyoman asyik memperhatikan pemandangan kiri kanan bus yang terus melaju.

Di terminal Antosari, Tabanan, Nyoman turun dan naik bus lain yang membawanya ke Singaraja lewat Pupuan.

Sore harinya Nyoman tiba di Singaraja. Nyoman kemudian menginap di rumah famili pak Kepala Sekolah Ketut Putera di Banjar Jawa. Keesokan harinya Nyoman Ikut tes masuk sekolah guru. Usai tes, Nyoman langsung balik ke Penyaringan dan menunggu hasil tes.


Halaman :





Tonton Juga :





Hasil Polling Calon Walikota Denpasar 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending