Sejarah

PKI Dikenal Militan dan Membuat Lawan Takut

 Minggu, 25 September 2022, 20:07 WITA

beritabali.com/ist/PKI Dikenal Militan dan Membuat Lawan Takut

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Denpasar. 

Sebelum G30S terjadi, PKI sangat militan dengan berbagai show of force yang membuat lawan politiknya bergidik. Berbagai lagu diciptakan untuk mengejek dan membangkitkan semangat. 

Parade, pawai, dan provokasi yang berbau pembantaian disebar ke masyarakat. Mereka bersumpah jika PKI menang maka lawan politik mereka akan dibantai habis-habisan sampai ke anak cucu.

Kader-Kader PKI di Bali memang dikenal sangat militan. Bagi PKI, orang lain terutama dari kalangan pemeluk agama Hindu yang taat dan identik dengan PNI, adalah pihak yang kolot, ketinggalan zaman. Orang PKI selalu mengklaim dirinya sebagai simbol keintelektualan.



Dalam berbagai diskusi maupun debat publik, orang PKI selalu mengklaim mampu membuat tidak berkutik pihak lain. Sebaliknya pihak lain terutama dari kalangan PNI, sedapat mungkin menghindari berpapasan dengan anggota PKI.

Karena itulah, mobilisasi yang dilakukan dalam mempertahankan agama sangat mungkin terintegrasi dengan desakan memurnikan Pulau Bali dalam penertian ritual.


Halaman :



Tonton Juga :



Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan pengiklan. Wartawan Beritabali.com Network tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.



Hasil Polling Calon Walikota Denpasar 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending