Banner Image
Banner Image

Wisata

Wisman Boleh ke Bali 2022, Menkes: Persiapan Harus Matang

 Selasa, 16 Maret 2021, 20:30 WITA

beritabali/ist

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Gianyar. 

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi menyatakan pariwisata Bali rencananya siap dibuka tahun 2022 untuk wisatawan mancanegara atau wisman. 

Untuk itu, pihaknya melakukan serangkaian persiapan seperti kunjungannya ke Ubud mulai Jumat (12/3/2021) lalu sebagai salah satu daerah bebas COVID-19 setelah Nusa Dua di Kabupaten Badung, dan Sanur, Denpasar.

"Kita baru melakukan pilot project untuk di Ubud dan dua lokasi lainnya untuk bisa mempersiapkan Bali menjadi daerah zona hijau. Jadi baru akan memulai," kata Menkes Budi Gunadi saat ditemui Jumat (12/3) lalu. 

Budi menuturkan, skema green zone COVID-19 di Ubud dan dua daerah lain di Bali akan dilakukan dengan sangat berhati-hati. Hal itu diperlukan agar mendapat kepercayaan dari dunia Internasional.

"Memang yang kita inginkan bukan hanya untuk membuka secepat cepatnya, tapi buka sebaik baiknya. Sehingga mendapat kepercayaan dari dunia internasional bahwa Bali adalah destinasi wisata pertama di dunia, tidak hanya di Indonesia saja, yang memang protokol kesehatannya baik," jelasnya.

Selain itu, Budi juga memastikan, pihaknya akan melibatkan lembaga internasional agar skema zona hijau berjalan maksimal. Lembaga seperti World Health Organization (WHO) dan United Nations International Children's Emergency Fund (Unicef) akan digandeng untuk merumuskan kebijakan itu.

"Untuk itu persiapannya harus matang dan juga harus melibatkan institusi internasional seperti WHO dan Unicef agar benar-benar diakui secara internasional," terang Budi.

"Kita akan segera mulai, saya juga sudah menghadap pak Gubernur, kementerian terkait. Ya, doa'in, mudah-mudahan Bali jadi turis destinasi yang paling sehat," lanjutnya. 

Salah satu kriteria Bali layak untuk dibuka, ketika WHO dan Unicef mau menggelar pertemuan fisik di Bali. Berdasarkan jadwal kunjungan kerja Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin seharian berkunjung di Ubud. Diantaranya ke Puri Ubud, Puskesmas Ubud I dalam rangka mengecek protokol kesehatan berjalan dengan baik. 

Hal ini juga sekaligus untuk memantau persiapan kunjungan Presiden Jokowi Ke Ubud Selasa (16/3). Sementara saat tiba di Kantor Kelurahan Ubud, Menkes mengikuti Vicon didampingi Gubernur Bali beserta Wakil Gubernur Bali. Vicon ini terkait WHO-EU Partnership Agreement "South East Asia Health Pandemic Response and Preparedness".

Penulis : bbn/gnr






Tonton Juga :





Hasil Polling Calon Bupati Gianyar 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending