News

Warga Hindu di Inggris Rayakan Kuningan Saat Musim Dingin di Hotel

 Minggu, 06 Januari 2019, 09:00 WITA

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Nasional. 
Lebih dari 60 orang warga Bali di Inggris hari ini berkumpul dan melaksanakan persembahyangan bersama menyambut hari raya Kuningan pada 5 Januari 2019. 
 
Serupa dengan perayaan sebelumnya, acara perayaan kali ini dilaksanakan di aula Hotel Campanile, Kota Birmingham. Umat yang turut hadir datang hampir dari seluruh penjuru Inggris Raya seperti Newcastle, Leeds, London, Bristol, Reading dan beberapa kota lainnya. 
 
Rangkaian acara diawali dengan Kidung Wargasari yang dilanjutkan dengan Puja Tri Sandya yang dipimpin oleh Putu Sudiana, seorang mahasiswa program doktoral di University of Newcastle. Usai persembahyangan, acara dilanjutkan dengan persembahan tarian Rejang dan ramah tamah. 
 
Pelaksanaan persembahyangan kali ini jatuh saat musim dingin di Inggris Raya. Namun, hal tersebut tidak mengurangi antusiasme dan keinginan warga Bali untuk berkumpul bersama dengan sesama perantau lainnya.
 
"Kami berangkat sejak tengah malam kemarin agar bisa tiba di Birmingham pagi hari," ujar salah seorang warga yang hadir bersama istri dan seorang anaknya. 
 
"Kami ingin upaya ini semakin mempererat rasa menyama braya antar warga Bali, meskipun jauh dari tanah air." Ucap Dastrini Sessions yang dibantu oleh Ani saat mempersiapkan bebantenan untuk persembahyangan. Tidak lupa, kuliner khas Bali seperti lawar dan tum, sate serta kudapan tape uli khas Bali juga disiapkan secara swadaya. 
 
"Menyambut hari raya akan terasa lengkap dengan lawar, sate dan tape uli," Ungkap Ni Luh Chapman dan Tinik Murphy yang penuh suka cita menyiapkan sajian khas tersebut.
 
Lain halnya dengan Surya Wirasdyartha dan Mahendra Artha Mulya, dua pemuda asal Bali yang baru 4 bulan tinggal di Inggris untuk menempuh pendidikan sarjana di Coventry University, mengungkapkan kegembiraannya bisa turut serta berkumpul bersama. "Ini adalah kali pertama kami hadir. Kami kaget namun senang sekali bisa bertemu dengan banyak warga Bali disini."
 
Kegiatan persembahyangan Kuningan di Inggris Raya ini telah dilakukan sejak tahun 2014 dan merupakan inisiatif dari Nyama Braya Bali-UK di United Kingdom yang diprakarsai oleh Agung Darmawan, Gede Maha Putra, Dwijaya Saputra dan Gede Pringgana, dimana semuanya telah kembali ke Bali. Sejak saat itu, acara perayaan Kuningan di Inggris rutin dilaksanakan setiap 6 bulan sekali.

Penulis : bbn/rls

Editor : Tantri






Tonton Juga :





Trending