Banner Image
Banner Image

Kesehatan

Tujuh Minuman Penurun Kadar Gula Darah, Enak dan Menyehatkan

 Rabu, 02 November 2022, 21:47 WITA

beritabali.com/cnnindonesia.com/Tujuh Minuman Penurun Kadar Gula Darah, Enak dan Menyehatkan

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Nasional. 

Ada beberapa minuman penurun gula darah yang bisa Anda konsumsi. Minuman-minuman ini dapat membantu kadar gula darah tetap stabil.

Penting bagi setiap orang untuk menjaga kadar gula darah tetap sehat, utamanya mereka yang hidup dengan diabetes. Kadar gula darah yang terlalu tinggi bisa memicu sejumlah masalah.

Pada dasarnya, tak ada patokan soal kadar gula darah normal. Kadar gula darah akan berubah-ubah setiap waktu.

Seiring dengan olahraga dan obat-obatan tertentu, pola makan juga membantu menurunkan kadar gula darah.

"Hal terbaik yang harus dilakukan adalah memilih makanan dan minuman yang tidak akan meningkatkan gula darah. Dengan kata lain, minuman apa pun tanpa karbohidrat," ujar ahli gizi Meredith Mishan, mengutip Eat This, Not That.

Minuman Penurun Kadar Gula Darah

Ada beberapa minuman yang dapat membantu mengontrol kadar gula dalam darah. Minuman ini umumnya tak ditambahkan dengan gula.

Berikut beberapa minuman penurun kadar gula darah yang bisa dikonsumsi, mengutip berbagai sumber.

1. Air mineral

Air mineral adalah air terbaik yang bisa Anda teguk demi kesehatan. Air bekerja dengan membantu ginjal mengeluarkan kelebihan gula dalam darah.

Terbukti, sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Nutrition Research menemukan bahwa seseorang dengan asupan air yang rendah memiliki risiko hiperglikemia (gula darah tinggi) yang lebih tinggi dibanding mereka yang sering minum air.

2. Teh chamomile

Sebuah studi pada tahun 2016 menunjukkan bahwa orang yang minum teh chamomile tiga kali dalam sehari selama delapan pekan berturut-turut memiliki kontrol glikemik yang baik. Dengan catatan, teh chamomile diminum tanpa pemanis.

3. Kopi

Anda disarankan minum 1-2 cangkir kopi dalam sehari jika ingin mencegah lonjakan gula darah. Namun, efek tersebut bisa jadi maksimal jika kopi diminum tanpa tambahan krim dan gula.


Halaman :





Tonton Juga :





Trending