News

Seniman Gender Cilik Adu Kepiawaian di Lomba Gender Wayang

 Kamis, 23 Juni 2022, 20:35 WITA

beritabali/ist/Seniman Gender Cilik Adu Kepiawaian di Lomba Gender Wayang.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Denpasar. 

Seniman cilik duta Kota Denpasar dan Kabupaten Karangasem beradu kepiawaian memainkan gamelan berlaras selendro dalam Wimbakara (lomba) Gender Wayang Anak-Anak serangkaian Pesta Kesenian Bali ke-44 di Taman Budaya Provinsi Bali.

"Kami sangat bangga dengan kemampuan anak-anak memainkan gender wayang ini sudah bagus karena gender merupakan gamelan Bali yang paling sulit," ujar Dr I Gusti Putu Sudarta selaku koordinator juri lomba gender wayang di Denpasar, Rabu (22/6).

Peserta lomba beradu di Kalangan Ayodya, Taman Budaya Provinsi Bali merupakan perwakilan Sekaa Gender Kumara Cita, Banjar Dinas Saren Anyar, Desa Budakeling, Karangasem dan perwakilan Sanggar Tabuh Kembang Waru, Banjar Abian Kapas Kaja, Kota Denpasar.

Mereka tak hanya lihai dalam memainkan bilah gender, tetapi juga beraksi dengan gaya yang sangat pas sangat manis dengan teknik yang memikat.

Masing-masing duta (terdiri dari empat orang) menampilkan Tabuh Pamungkah, Sekar Sungsang, dan Angkat-angkatan.

"Walaupun gending yang dimainkan sama karena sudah menjadi warisan, namun dalam penampilannya memiliki kreasi dan gaya yang sangat khas," sebut Sudarta.

Pra seniman cilik tampil memiliki teknik rata-rata tinggi karena, memainkan gamelan gender itu paling sulit dibandingkan jenis gamelan lainnya.

"Untuk memainkan gender, harus menggunakan dua tangan sekaligus dan harus dibarengi teknik menutup. Teknik pukulan dan menutup ini sangat susah dan harus seimbang, belum lagi seni memberikan volume pukulan supaya suara gamelan yang muncul bagus," paparnya.

Meskipun ia sangat senang karena kemampuan para seniman cilik yang tampil tersebut, sangat bagus, dirinya juga menyayangkan tidak semua kabupaten atau kota di Provinsi Bali mengirimkan wakilnya di ajang PKB kali ini.

"Sayangnya, dari sembilan kabupaten dan kota di Bali, hanya lima daerah yang mengirimkan wakilnya yakni Kota Denpasar, Kabupaten Badung, Gianyar, Tabanan dan Karangasem," cetusnya.


Halaman :





Tonton Juga :





Hasil Polling Calon Walikota Denpasar 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending