Wisata

Sandiaga Gandeng Atta Halilintar dan Aurel Promosi Desa Wisata

 Senin, 14 Juni 2021, 09:10 WITA

beritabali/ist

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, NTB. 

Menggandeng youtuber Atta Halilintar dan istrinya, Aurel Hermansyah, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno, melakukan kunjungan ke Desa Wisata Maria, Kecamatan Wawo, Kabupaten Bima, dan situs bersejarah Uma Lengge, Nusa Tengara Barat, Minggu (13/6). 

Tiba di Wawo pukul 14.00 WITA, Aurel, Atta, dan Sandiaga Uno juga sempat menyaksikan pacuan kuda, atraksi khas warga Bima. 

Di komplek Uma Lengge, Atta dan Sandiaga sempat meawancarai satu per satu pelaku kreatif yang dihadirkan panitia. Mulai dari pengrajin tenun tradisional, obat tradisional, rempah-rempah dari Ntori, perajin anyaman dari Desa Tarlawi, dan pelaku industri lokal turut dihadirkan untuk promosi Desa wisata.

Kehadiran Atta, Aurel ini  menyita perhatian warga, hingga berkerumun menyambut keduanya bersama Gubernur NTB, Dr Zulkieflimansyah, Wali Kota Bima, berikut pejabat setempat. 

Dalam sambutanya, Menteri Sandiaga menyebutkan, Bima, Nusa Tenggara Barat, terus berbenah agar tak tertinggali daerah lain dalam industri pariwisata nasional. Bahwa Bima kini akan bersaing dengan daerah tujuan wisata lainnya di Indonesia.

“Daya tarik wisata budaya Uma Lengge sangat langka. Bernilai sejarah tinggi karena ini adalah situs warisan budaya dari para leluhur suku Mbojo yang memiliki nilai sejarah dan keunikan tinggi dalam industri pariwisata. Kami akan terus memberikan pendampingan di Desa Wisata Maria agar objek wisata ini tumbuh dan menjadi destinasi wisata baru di Indonesia,” tegas Sandiaga, dalam kunjungannya ke situs bersejarah Uma Lengge.

Uma Lengge merupakan bangunan tradisional suku Mbojo yang mendiami wilayah yang kini masuk dalam Kecamatan Wawo, Kabupaten Bima. Uma Lengge berbentuk kerucut di bagian atap. Pada zaman dulu, Uma Lengge digunakan sebagai tempat tinggal oleh masyarakat Wawo dan sebagian digunakan juga sebagai lumbung padi.

Pendampingan itu menurut Sandiaga Uno meliputi seluruh aspek yang diperlukan oleh desa wisata. Dengan penyusunan rencana pembangunan desa wisata dilanjutkan dengan pembangunan sumber daya manusia, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan warga desa wisata, kemudian pendampingan institusi desa wisata, serta pembangunan fisik atau infrastruktur dengan melibatkan kementerian dan lembaga-lembaga terkait.

“Bagi kami kebangkitan pariwisata ini dimulai dari desa wisata yang nantinya kita harapkan menjadi tonggak kebangkitan ekonomi. Kita ingin desa wisata hadir membuka peluang ekonomi dan membuka lapangan kerja serta lapangan usaha seluas-luasnya untuk meningkatkan ekonomi rakyat yang sangat membutuhkan pertolongan,” katanya.

Penulis : bbn/lom






Tonton Juga :





Trending