Banner Image
Banner Image

Ekbis

Program Kontribusi Wisatawan Diprediksi Sumbang Rp31,5 Miliar ke PAD Bali

 Sabtu, 04 Februari 2023, 05:47 WITA

beritabali/ist/Program Kontribusi Wisatawan Diprediksi Sumbang Rp31,5 Miliar ke PAD Bali.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Denpasar. 

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Tjok Bagus Pemayun memberikan sosialisasi program kontribusi wisatawan kepada pelaku industri di kantor pariwisata Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Bali, Jumat (3/2).  

“Tujuan dari mengumpulkan para pelaku industri pariwisata ini adalah untuk  mempercepat  berjalannya program kontribusi wisatawan khususnya wisatawan mancanegara  sesuai dengan Perda No 1 tahun 2020 tentang Kontribusi Wisatawan, dan Pergub No 27 tahun 2020," tegasnya.  

Kebijakan ini dilakukan mengingat sebagai destinasi wisata, perekonomian Bali hanya mengandalkan sektor pariwisata. Tidak memiliki sumber daya alam seperti minyak bumi dan gas seperti provinsi lainnya. Di sisi lain, Pemerintah Provinsi belum mendapatkan secara signifikan pendapatan dari jasa pariwisata. APBD Bali hanya bersumber dari pajak kendaraan bermotor. 

Tjok Bagus juga menyampaikan bahwa, kebijakan Gubernur Bali ini sebagai bentuk kepedulian terhadap pariwisata Bali yang mengusung tagline ‘pariwisata budaya’ yang berkualitas dan bermartabat.

Untuk itu, lanjut dia, wisatawan asing yang datang dan berlibur ke Bali diharapkan ikut berpartisipasi untuk memberikan kontribusi secara sukarela, sebagai bentuk kepedulian dalam upaya menjaga alam, budaya, dan lingkungan Bali, sehingga bisa berkelanjutan. 

“Ini sifatnya sukarela, tidak ada unsur pemaksaan. Wisatawan menyumbang langsung dengan cara men-scan barcode aplikasi We Love Bali yang sudah disediakan di hotel-hotel, mobil transport, daya tarik wisata, restoran dan lain-lain, yang ada di seluruh Bali, dan mereka tinggal mentransfer nominal yang disumbangkan,” jelasnya.


Halaman :









Hasil Polling Calon Walikota Denpasar 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending