Sosok

Mengenal Masriadi, Seniman Satu Juta Dolar asal Bali

 Jumat, 16 September 2022, 08:19 WITA

bbn/Solopos.com/Mengenal Masriadi, Seniman Satu Juta Dolar asal Bali

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Nasional. 

I Nyoman Masriadi adalah seniman lukus yang namanya sudah mendunia. seniman besar asal Bali ini Disebutkan dalam tulisan pengamat seni Mike Susanto.Masriadi ialah salah satu pelukis Indonesia yang berbakat, karena karyanya pernah terjual hingga US$1 juta di Balai Lelang Sotheby Hong Kong.

Nilai itu sungguh fantastis, setara Rp 13 miliar. Tapi ketika ditemui CNN Indonesia di Masriadi Art Foundation (MAF), Yogyakarta, pada Jumat (26/6), sosok Masriadi jauh dari kesan menghalalkan uang.

Pria ini tidak banyak bicara mengenai prestasinya. Kepada CNN Indonesia yang mewawancarainya di dapur MAF, dia malah bicara mengenai tanaman, permainan komputer dan tayangan flora fauna di televisi.

Masriadi lahir di Gianyar, Bali, pada 1973. Pria beristri dengan tiga orang anak ini bercerita, ia mengawali karier seninya ketika menempuh pendidikan di Institut Seni Indonesia (ISI), Yogyakarta pada 1993.

Walau belum sempat lulus kuliah, Masriadi mengaku, seorang seniman perlu menempuh pendidikan di sekolah seni sebelum ia terjun ke dunia seni.

"Berkesenian itu tidak sekedar bakat, namun juga pergaulan, yang bisa didapat dari sekolah seni. Dengan pergaulan, kita bisa masuk ke dalam lingkaran berkesenian. Dari situ karya dan nama kita dipertaruhkan, apakah nantinya terpandang atau tidak," kata Masriadi.

"Teman-teman di lingkaran berkesenian pasti akan sangat membantu apa pun yang kita perbuat," lanjut Masriadi.

Sambil mengisap rokoknya dan meneguk soda dingin dari kaleng minumannya, Masriadi mengenang kisahnya dulu semasa kuliah di ISI. Dari berbagai pengalaman konyol yang ia ceritakan, salah satu yang disesalinya hanya satu: mengapa ia tidak mendokumentasikan semua karya-karya awal kariernya.

"Semua karya yang saya buat sewaktu kuliah saat ini sudah entah ke mana. Beberapa ada di teman saya bahkan sudah ada yang sampai di tangan kolektor. Hahaha. Ya, tidak apa-apalah, anggap saja amal," ujar Masriadi santai sambil tertawa.


Halaman :









Trending