News

Kementrian Kominfo Dukung Jembrana Terapkan "Smart City"

 Jumat, 07 Mei 2021, 21:45 WITA

beritabali/ist

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Nasional. 

Merealisasikan pembangunan "Smart City" kabupaten Jembrana sebagai salah satu program unggulan pembangunan sekaligus jawaban atas tantangan di era digital, Wakil Bupati jembrana, IGN Patriana Krisna melaksanakan koordinasi ke Kementrian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) RI di Jakarta, Rabu (6/5).

Didampingi oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Jembrana, I Made Gede Budhiarta dan Asisten II Bupati Jembrana, Ngurah Sumber, rombongan diterima oleh Bambang Dwi Anggono, Direktur Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan Kementrian Kominfo RI.

Penerapan smart city kabupaten Jembrana diharapkan memberikan kemudahan bagi warga dalam menggunakan layanan yang telah disediakan oleh pemerintah. Melalui penerapan layanan siatem terpadu melalui sistem informasi yang terintegrasi dan mudah diakses, pula diharapkan mampu memberikan akses kepada masyarakat dalam memantau perkembangan pembangunan selain mendongkrak bukan hanya produk hasil pengolahan sumber daya kabupaten termasuk destinasi wisata di kabupaten jembrana agar dapat semakin berkembang pesat.

Menurut Wabup Patriana, Kabupaten Jembrana sudah memiliki modal dasar dalam pembangunan smart city. "Sebagai infrastruktur, Jembrana pernah punya web desa, kita bisa memanfaatkan dan mengembangkan sumber daya yang ada tersebut dalam mengembangkan sistem informasi yang terintegrasi secara jaringan baik jaringan intra ataupun luar," ucap Patriana.

Patriana berharap Kementrian Kominfo memberikan dukungannya bagi kabupaten jembrana, karena baginya mengintegrasikan informasi juga dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas anggaran dalam pelaksanaan pembangunan di daerah.  

"Apabila data terintegrasi dengan baik maka dapat menghemat waktu dan biaya dalam membaca, mengolah dan memanfaatkan data tersebut, jadi kita berharap diberikan dukungan dalam program smart city ini," ujarnya.

Bambang Dwi Anggono menyatakan siap memberikan dukungan terhadap program smart city jembrana. Pihaknya akan memberikan akses Data Center dan aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan kepada kabupaten Jembrana. 

"Kami akan dukung penuh. Data center, aplikasi akan kita berikan, pastikan saja konsolidasi antar aplikasi dan Tugas daerah tinggal melaksanakan pendampingan di desa-desa agar pemanfaatan aplikasi berjalan baik," Ucapnya.

Penulis : Humas Jembrana






Tonton Juga :





Trending