News

Hari Gizi Nasional, Yuk Penuhi Nutrisi Anak dengan 5 Camilan Bergizi

 Senin, 25 Januari 2021, 14:20 WITA

beritabali.com/ist/suara.com/Hari Gizi Nasional, Yuk Penuhi Nutrisi Anak dengan 5 Camilan Bergizi

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Denpasar. 

Masa kanak-kanak menjadi masa krusial yang membutuhkan pemenuhan gizi untuk otak, tulang, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, pemenuhanberitabali.com/tag/bali">bali.com/tag/makanan bergizi"> makanan bergizi sangat diperlukan untuk anak-anak.

Sayangnya, anak-anak sering kali susah mengkonsumsi makanan yang bergizi. Oleh karena itu melansir dari Eatingwell, berikut beberapa beritabali.com/tag/bali">bali.com/tag/camilan bergizi">camilan bergizi yang cenderung akan disukai anak-anak, antara lain:

1. Yogurt

Yogurt adalah pilihan yang bagus untuk sarapan, camilan, atau bahkan makanan penutup untukberitabali.com/tag/bali">bali.com/tag/anak-anak"> anak-anak. Namun Anda tetap perlu memperhatikan kandungan gula dalam yogurtnya.

"Ini camilan sehat dan mengenyangkan yang mengandung protein dan vitamin D, nutrisi ini sangat kurang bagi banyak anak," kata Katie Andrews, M.S., R.D., seorang pelatih nutrisi masa kecil dan pemilik Wellness by Katie.

Yogurt juga mengandung probiotik, bakteri baik yang penting untuk menjaga kesehatan usus.

2. Alpukat

Alpukat merupakan makanan tinggi lemak tak jenuh tunggal yang menurunkan peradangan dan menjaga kadar kolesterol tetap sehat. Lemak bergerak melalui saluran pencernaan secara perlahan, sehingga membuat anak kenyang lebih lama.

3. Ubi Jalar

Ubi jalar mengandung vitamin A tinggi (lebih tinggi dari wortel) serta mengandung serat dan kalium. Ubi jalar juga membatasi garam dan meningkatkan potasium, menjaga tekanan darah, dan kesehatan jantung.

4. Kacang dan Biji-bijian

Ganti camilan anak yang dengan makanan rendah serat dan renyah, yakni kacang-kacangan dan biji-bijian. Konsumsi biji-bijian dan kacang dapat memenuhi serat, protein, dan lemak sehat. Dalam hal ini Anda bisa memberikan kacang mete, kenari, almond, pecan, biji bunga matahari, biji chia, dan lain sebagainya.

Jika anak memiliki alergi kacang, biji-bijian mungkin merupakan alternatif yang aman dan cara yang baik untuk mendapatkan nutrisi penting. Kacang mengandung magnesium tinggi, mineral yang penting dalam perkembangan tulang dan produksi energi. Kacang kenari, pecan, biji chia, dan biji rami mengandung asam alfa-linolenat (ALA) yang merupakan sejenis lemak omega-3.

5. Buah Berry

Satu cangkir buah beri memiliki 4 gram serat dan tinggi vitamin C serta antioksidan seperti antosianin. Dalam hal ini Anda bisa berikan blueberry, blackberry, dan stroberi yang lebih rendah gula daripada buah lainnya.(sumber: suara.com)

Penulis : bbn/net