News

Begini Definisi dan Tata Cara Balian atau Penyehat Tradisional Bali Tersirat di Kode Etik

 Minggu, 18 Desember 2022, 08:44 WITA

bbn/ilustrasi/Begini Definisi dan Tata Cara Balian atau Penyehat Tradisional Bali Tersirat di Kode Etik.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Denpasar. 

Gotra Pengusada Bali atau asosiasi penyehat tradisional Bali telah membuat definisi dan rincian tata laksana seorang balian atau pengusada diantaranya disebutkan dalam rancangan kode etik yakni pasal 1 dan pasal 3.

Pasal 1

1. Pengusada adalah setiap orang yang melakukan pelayanan kesehatan tradisional Bali empiris yang pengetahuan dan keterampilannya diperoleh melalui pengalaman turun temurun atau Pendidikan non formal atau aguron-guron, sebagaimana dimaksud dalam Peraturan Gubernur Bali Nomor 55 Tahun 2019 Tentang Pelayanan Kesehatan Tradisional Bali.

Pasal 3

a. Ngelinggihang Taksu.

Pengusada sangatlah percaya dalam melaksanakan pengobatan sebagai sesananing pengusada, bahwa kecakapan atau pengetahuan yang dimiliki adalah adalah wahyu  dari Ida Betara Kawi, sehingga ilmu tersebut tidak akan bekerja dengan baik tanpa wahyu/taksu dari Ida Betara. 

Sebelum Sang Pengusada melakukan pengobatan dalam puja pujinya beliau memohon kekuatan dan sinar suci Tuhan Yang Maha Esa sebagai kekuatan yang masuk kedalam jiwa, raga dan pikiran yang berwujud sebagai taksu Sang Pengusada.

b.Pengraksa Jiwa Sang Gering.

Kosmologi masyarakat Bali meyakini bahwa sakit adalah bagian dari ciptaan Sang Pencipta. Sakit dapat dimaknai sebagai peringatan Tuhan kepada umatnya karena kelalaian umatnya karena kurang perduli (care) pada dirinya. 

Sebelum melakukan pengobatan diwajibkan sang gering melakukan pemujaan dan pendekatan kepada Ida Parama Kawi, agar memberikan kekuatan pada diri sang  gering dan pengusada sebagai wahyu dan sinar suci. Sinar suci merupakan kekuatan dalam proses pengobatan. 

Dalam Pengraksa Jiwa ini diharapkan muncul suatu keyakinan sang gering bahwa Ida Hyang widhi akan memberikan kesembuhan melalui penyehatan Sang Pengusada. Tata cara pengraksa jiwa ini disesuaikan dengan tradisi yang termuat dalam lontar usada atau tata titi upakara.


Halaman :


Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami








Hasil Polling Calon Walikota Denpasar 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending