News

Zelensky Ingin Ketemu Putin: Hanya Dia Yang Bisa Setop Invasi

 Selasa, 24 Mei 2022, 15:50 WITA

beritabali.com/cnnindonesia.com/Zelensky Ingin Ketemu Putin: Hanya Dia Yang Bisa Setop Invasi

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Dunia. 

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan dia hanya ingin bertemu Presiden Vladimir Putin demi mengakhiri invasi Rusia ke negaranya. Menurut Zelensky, Putin satu-satunya pejabat Rusia yang ia ingin temui saat ini karena sang presiden lah yang dapat menghentikan invasi.

"Saya tidak bisa menerima pertemuan apa pun dengan siapa pun yang datang dari Federasi Rusia selain dengan presiden [Vladimir Putin]. Itu pun ketika inti pertemuan adalah soal menghentikan perang. Selain itu, tidak ada alasan lain untuk melakukan pertemuan," kata Zelenskiy saat berbicara dalam Forum Ekonomi Dunia di Davos secara virtual pada Senin (23/5).

"Presiden Federasi Rusia [Putin] yang memutuskan semuanya. Jika kita berbicara tentang mengakhiri perang ini tanpa dia [Putin] secara pribadi, keputusan itu tidak dapat diambil," paparnya menambahkan.

Rusia dan Ukraina telah mengadakan pembicaraan sporadis sejak Moskow melancarkan invasi pada 24 Februari. Namun, rentetan dialog itu tak membuahkan hasil nyata, terutama soal penghentian invasi hingga akhirnya kedua belah pihak memutuskan menghentikan perundingan.

Meski begitu, Zelensky menegaskan tidak mungkin menghentikan perang tanpa melibatkan semacam diplomasi. Dalam sambutannya kepada hadirin di Davos, Zelensky juga mengatakan perang terjadi dengan konsekuensi korban manusia yang sangat besar bagi Ukraina.


Halaman :





Trending