News

Waspada Potensi Bencana Hidrometeorologi di NTB

 Jumat, 03 Juni 2022, 22:40 WITA

beritabali/ist/Waspada Potensi Bencana Hidrometeorologi di NTB.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, NTB. 

Indeks labilitas sebagian besar wilayah di beritabali.com/index.php/tag/beritabali.com/tag/NTB">NTB">beritabali.com/tag/NTB">NTB menunjukkan adanya kondisi udara labil yang mendukung potensi pertumbuhan awan konvektif.

Itu menjadi penyebab potensi hujan lebat di wilayah beritabali.com/tag/NTB">NTB beberapa hari belakangan. Kondisi atmosfer yang labil menjadi penyebab terbentuknya awan yang menyebabkan potensi hujan.

Berdasarkan analis beritabali.com/tag/BMKG">BMKG Stasiun Meteorologi Zainuddin Abdul Madjid di Praya, Lombok Tengah, kelembaban udara pada lapisan 850mb hingga 500mb di sebagian besar wilayah beritabali.com/tag/NTB">NTB, berkisar antara 50 persen– 99 persen. 

"Hal tersebut berperan mendukung terjadinya pertumbuhan awan hujan yang memberikan dampak masih adanya potensi hujan dalam tiga hari ke depan di beberapa wilayah beritabali.com/tag/NTB">NTB,” tulis beritabali.com/tag/BMKG">BMKG Stasiun Meteorologi ZAM dalam keterangan pers, Jumat (3/6).

Masyarakat beritabali.com/tag/NTB">NTB diimbau agar selalu waspada terhadap potensi bencana hidrometeorologis seperti hujan lebat dan beritabali.com/tag/angin-kencang">angin kencang.

“Misalnya saat beritabali.com/read/2022/05/19/202205190004/air-laut-pasang-di-pantai-munggu-wisatawan-ramai-berkunjung">beritabali.com/tag/angin-kencang">angin kencang, bagi pengendara lebih baik menepi terlebih dulu untuk menghindari risiko jika terjadi pohon tumbang ataupun baliho tumbang. Kemudian banjir tanah longsor dan lain-lain,” katanya.


Halaman :