News

Tidak Bisa Pungut PBG, Target Dinas Perizinan Tabanan Jeblok

 Rabu, 01 Desember 2021, 23:35 WITA

bbn/ilustrasi/Tidak Bisa Pungut PBG, Target Dinas Perizinan Tabanan Jeblok.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Tabanan. 

Target pendapatan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perijinan Terpadu Satu Pintu (beritabali.com/tag/beritabali.com/tag/DPMPPTSP">DPMPPTSP">beritabali.com/tag/DPMPPTSP">DPMPPTSP) Tabanan pada tahun ini dipastikan meleset. 

Awalnya target yang dipasang Rp5,3 miliar, per tanggal 30 November 2021 baru tercapai Rp3,6 miliar. 

Selain imbas pandemi Covid-19 yang menjadi penyebab tidak tercapainya target, obyek retribusi seperti Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) hilang sehingga Dinas Perijinan sudah tidak memungut retribusi Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) sejak 2 Agustus 2021.

Ini sejalan dengan pemerintah telah menghapus status IMB dan menggantinya dengan Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) sesuai dengan PP Nomor 16 Tahun 2021 Tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2002 Tentang Bangunan. Proses penghapusan ini legislatif dan eksekutif di Tabanan masih melakukan pembahasan.   

Kepala Bidang Pelayanan Perijinan beritabali.com/tag/DPMPPTSP">DPMPPTSP, I Kadek Suardana Dwi Putra mengakui kemungkinan besar PAD tak bisa tercapai. Penyebab utama PAD tak tercapai karena retribusi IMB sudah dihentikan pelayanan sejak 2 Agustus 2021 karena perubahan nomenklatur menjadi PBG. 

“Karena sampai saat ini masih dalam pembahasan perda retribusi dan kesiapan sistem (Sistem Informasi Manajemen Bangunan Gedung (SIMBG) kita belum bisa melakukan beritabali.com/tag/beritabali.com/tag/pungutan">pungutan-retribusi">beritabali.com/tag/beritabali.com/tag/pungutan">pungutan-retribusi">beritabali.com/tag/pungutan">pungutan retribusi,” ujarnya, Rabu (1/12).


Halaman :





Trending