News

Sungai Tukadaya Meluap Setinggi 50 Cm Terjang Rumah Warga

 Selasa, 18 Januari 2022, 18:45 WITA

beritabali/ist/Sungai Tukadaya Meluap Setinggi 50 Cm Terjang Rumah Warga.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Jembrana. 

Akibat hujan deras disertai angin kencang melanda seputaran Kabupaten Jembrana Senin (17/01/2022) sore hingga malam, membuat air sungai Tukadaya meluap.  

Meluapnya sungai menyebabkan belasan rumah warga di Banjar Pebuahan, Desa Banyubiru, Kecamatan Negara terendam banjir. Salah satu warga, Muhamad Basri mengatakan, bahwa kejadian hujan badai sekitar pukul 22.00 WITA. Luapan air hujan dari sungai, meluber ke lahan rumah warga hingga memasuki pemukiman.  

“Air tiba-tiba meluap setinggi 50 cm menerjang kampung ini. Ini rumah saya pondasinya sampai tergerus dan nyaris roboh,” ucapnya.

Basri menuturkan bahwa hujan terjadi sejak sore hari. Air besar atau bah dari luapan sungai terjadi pada malam hari, sekitar 50 hingga 70 centimeter atau sepinggang orang dewasa. Air bah itu sendiri berasal dari luapan sungai dari arah barat ke timur, kemudian masuk ke rumah warga. Banjir kali ini terjadi sudah dua kali. 

"Sekitar dua bulan lalu sempat ada banjir, tetapi tidak separah banjir yang terjadi saat ini. Untuk sementara saya mengungsi dulu di rumah kerabat sambil memperbaiki pondasi rumah yang tergerus air banjir,” imbuhnya.

Akibat dampak banjir tersebut, air sumur milik warga juga tidak bisa digunakan. Karena sudah tercemar oleh air sungai yang meluap. 


Halaman :





Trending