News

Rayakan Tumpek Wariga di Jembrana, Koster Ungkap Filosofinya

 Sabtu, 14 Mei 2022, 19:50 WITA

beritabali/ist/Rayakan Tumpek Wariga di Jembrana, Koster Ungkap Filosofinya.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Jembrana. 

Gubernur Bali, Wayan Koster menggelar Perayaan Rahina Tumpek Wariga di Pura Pegubugan, Desa Manistutu, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana pada, Sabtu (Saniscara Kliwon Wariga), 14 Mei 2022.

Perayaan Rahina Tumpek Wariga ini diawali dengan mengupacarai bibit pohon dan dilanjutkan dengan penanaman pohon di Kawasan Hutan Desa Manistutu yang dilakukan secara langsung oleh Gubernur Bali, Wayan Koster. Uniknya penanaman itu diiringi dengan gambelan Jegog.

Gubernur Bali dalam sambutannya menyampaikan atas nama Pemerintah Provinsi Bali saya mengucapkan terima kasih atas kebersamaan dan kerja gotong royong pada hari suci Tumpek Wariga hari ini. 

"Saya juga berterimakasih ke Bapak Bupati Jembrana yang telah menyiapkan tempat yang sangat bagus ini (Desa Manistutu, red) kawasan yang sangat sejuk, ada hutan dan danau-nya, ini betul-betul Wana Kerthi," kata orang nomor satu di Pemprov Bali.

"Hari ini Kita berkumpul dengan niat suci dan tulus untuk memuliakan sarwa tumuwuh (segala tumbuh-tumbuhan, red) yang dalam kepercayaan orang Bali, tumbuh-tumbuhan dianggap saudara tertua, karena mereka lebih dulu menghuni Bumi ini dibandingkan dengan binatang dan manusia. Betapa luar biasanya Hyang Pencipta ini, apa yang menjadi kebutuhan kehidupan, itu disediakan terlebih dahulu seperti tumbuh - tumbuhan," ujar Gubernur Bali.

Ia menyatakan manusia sangat membutuhkan tumbuh - tumbuhan sebagai sumber penghidupan, begitu juga binatang. Kalau tidak ada tumbuh - tumbuhan, tidak ada udara, kalau tidak ada udara, Kita tidak bisa bernafas. 

"Jadi memang betul, bagaimana Leluhur Kita di Bali memuliakan tumbuh - tumbuhan dengan melaksanakan Tumpek Wariga," katanya.


Halaman :