News

Pertama di Dunia, Sengketa Berebut NFT Masuk Meja Hijau

 Jumat, 20 Mei 2022, 14:45 WITA

bbn/Money.Kompas.com/Pertama di Dunia, Sengketa Berebut NFT Masuk Meja Hijau

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Dunia. 

Seorang pria di Singapura berhasil mendapatkan surat perintah dari pengadilan yang melarang sebuah non-fungible token (NFT) diperjualbelikan atau berpindah kepemilikan.

Perintah tersebut dikeluarkan oleh Pengadilan Tinggi Singapura Jumat lalu (13/5). Keputusan ini menjadi yang pertama di Asia, serta secara global untuk sengketa komersial untuk melindungi NFT, demikian dikutip CNBC Indonesia dari Straits Times, Kamis (19/5/2022)

Menurut dokumen pengadilan, perintah Pengadilan Tinggi melindungi sebuah NFT dari koleksi Bored Ape Yacht Club (BAYC) yang sang penggugat ingin ambil kembali dari pemilik persona internet "Chefpierre".

BAYC koleksi NFT edisi terbatas, yang menampilkan kera dengan atribut khas seperti ekspresi wajah, pakaian, dan aksesori unik. NFT tersebut dipandang sebagai simbol status dan dilaporkan dimiliki oleh selebritas seperti pembawa acara Jimmy Fallon dan Justin Bieber.

Identitas pria penggugat dikaburkan dalam dokumen pengadilan, tetapi pencarian di situs web Pengadilan Singapura oleh Straits Times, menunjukkan bahwa nama penggugat adalah Janesh Rajkumar. Di sisi lain, identitas Chefpierre dinyatakan tidak diketahui baik dalam dokumen pengadilan maupun situs web.

Rajkumar berusaha untuk mengambil alih NFT yang diberi nama sebagai BAYC No 2162. Dia menggunakan NFT tersebut sebagai agunan untuk mendapatkan pinjaman dari Chefpierre. Menurut Rajkumar, dirinya adalah pemilik sah NFT dan Chefpierre telah mengambilnya secara tidak sah.


Halaman :





Trending