Banner Image
Banner Image

News

Pemkab Buleleng Terima Mesin ADM dari Kemendagri RI

 Rabu, 28 April 2021, 23:00 WITA

beritabali.com/ist/Pemkab Buleleng Terima Mesin ADM dari Kemendagri RI

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Buleleng. 

Berkat raihan prestasi dan penghargaan yang diterima dalam bidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng, Bali menerima mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI. Selanjutnya, mesin ADM ini akan ditempatkan di Kantor Camat Gerokgak.

Hal itu terungkap dalam audiensi yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Buleleng dengan Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana di Rumah Jabatan Bupati, Rabu (28/4).

Ditemui usai menerima audiensi dari Disdukcapil, Agus Suradnyana menjelaskan mesin ADM ini merupakan bentuk penghargaan karena Disdukcapil telah berprestasi dan memenuhi target dari Kemendagri RI. Alat ini berguna untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Seiring dengan dibukanya Pasar Banyuasri, awalnya mesin ADM ini akan ditempatkan di sana. Namun, berdasarkan analisis dari tim, ada beberapa kendala yang menyebabkan mesin tersebut tidak bisa ditempatkan di Pasar Banyuasri. 

"Tapi karena ada persoalan terhadap kabel fiber optic kemudian dengan jaringan internet yang belum cepat dan sumber daya manusia (SDM) belum lengkap, diputuskan yang pertama untuk dipindahkan ke Kantor Camat Gerokgak," jelasnya.

Ada beberapa alasan kenapa ditempatkan di Kecamatan Gerokgak. Pertama, letak Kecamatan Gerokgak yang jauh dari pusat pemerintahan dan Kantor Disdukcapil Buleleng. Kemudian, Kantor Camat Gerokgak berdekatan dengan fasilitas umum seperti pasar. Sehingga, pelayanan masyarakat semakin cepat dan mudah. Dengan begitu, pelayanan kependudukan bisa berjalan lebih efisien dari segi waktu. 

"Penyiapan data pendukung juga tidak harus bolak-balik terlalu jauh," ucap Agus Suradnyana.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Buleleng Putu Ayu Reika Nurhaeni menyebutkan sebelumnya ada dua alternatif penempatan mesin ADM ini yaitu di Kantor Bupati Buleleng dan Pasar Banyuasri. Dari keputusan sementara di tempatkanlah di Pasar Banyuasri. Akan tetapi, setelah melakukan survei berulang kali, tempat dan sarana prasarana di Pasar Banyuasri masih belum mendukung penempatan mesin ADM. 

"Kemudian, temukanlah alternatif ketiga yaitu di Kantor Camat Gerokgak.Kantor Camat Gerokgak ini secara SDM memenuhi. Kemudian, sarana prasarana serta pendukung lainnya itu sangat memenuhi syarat. Dengan demikian, atas koordinasi kami dengan Bapak Bupati tadi, di tempatkanlah mesin ADM ini di Kantor Camat Gerokgak," sebutnya.

Senada dengan Agus Suradnyana, dirinya menambahkan bahwa mesin ADM ini merupakan pinjam pakai dari Kemendagri RI sebagai apresiasi atas prestasi dan penghargaan yang sudah diraih Disdukcapil Buleleng selama ini. Diharapkan, melalui APBD, pengadaan mesin ADM juga bisa dilakukan untuk pemenuhan kebutuhan wilayah lainnya. Dengan tujuan memberikan pelayanan yang maksimal, optimal dan membahagiakan bagi masyarakat. Mesin ADM ini memiliki fungsi sama seperti Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Hanya saja, mesin ADM mencetak e-KTP, KIA, KK, dan akta-akta pencatatan sipil lainnya. 

"Inilah nanti akan kami sosialisasikan. Setelah ditempatkan di sana, kami sosialisasikan ke seluruh masyarakat Kabupaten Buleleng. Khususnya di wilayah barat dulu. Bagaimana bisa bertransaksi dengan mesin ADM ini. Jadi tentunya sekali lagi karena Kecamatan Gerokgak sangat jauh dari pusat kota. Itulah kenapa kita menempatkan di Kantor Camat Gerokgak," tukas Reika Nurhaeni. 

Penulis : Humas Buleleng






Tonton Juga :





Hasil Polling Calon Bupati Buleleng 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending