About Bali

Pantai Batu Sungu, Pantai Dengan Produksi Garam

 Sabtu, 15 Januari 2022, 23:25 WITA

bbn/Kompas.com/Pantai Batu Sungu, Pantai Dengan Produksi Garam

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Buleleng. 

Pantai di Bali tak hanya berfungsi sebagai tempat wisata, sejumlah pantai juga digunakan untuk keperluan lain seperti konservasi atau ladang garam. Ada salah satu pantai di kawasan Bali Utara yang digunakan untuk wisata dan juga ladang garam.
 
Pantai ini adalah Pantai Batu Sungu yang terletak di Desa Les, Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng. Penduduk Desa Les sebagian besar adalah petani garam memanfaatkan pantai tersebut.

Lahan dan peralatan dari bantuan pemerintah daerah setempat ini dimanfaatkan oleh Ketut Windra dan petani garam lainnya untuk mengolah air laut menjadi produk garam yang kemudian mereka pasarkan. 

Selain itu juga suasana yang masih sepi, ditambah dengan kehidupan warga desa yang sederhana, bisa menjadikan kawasan ini sebagai salah satu destinasi wisata bagi mereka yang mencari liburan yang menenangkan. Namun kawasan ini bisa dibilang masih sepi pengunjung.

“Belum banyak turis-turis yang datang ke sini, tapi sudah mulai ada yang berkunjung. Sesekali adalah wisatawan asing, tapi lebih sering dari orang Bali,” ujar Ketut Windra, satu di antara petani garam di Desa Les. 


Halaman :