News

NASA Buka Suara Soal Matahari Terbit dari Barat

 Kamis, 19 Mei 2022, 15:10 WITA

beritabali.com/cnbcindonesia.com/NASA Buka Suara Soal Matahari Terbit dari Barat

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Dunia. 

Badan Antariksa Amerika Serikat (AS) atau NASA buka suara terkait sebuah klaim yang menyebut matahari terbit dari barat. Lembaga itu menyebut tidak pernah mengeluarkan prediksi soal klaim tersebut.

"Baik NASA maupun organisasi ilmiah lain tidak ada yang memprediksi matahari akan terbit dari barat," kata Bettina Inclan, Associate Administrator for Communications NASA.

Dia menyebut fenomena pembalikan magnet memang benar terjadi dan nyata, bahkan sejumlah ilmuwan pernah mempelajarinya. Namun Inclan menambahkan pembalikan magnet tidak membuat Bumi menjadi berputar ke arah sebaliknya atau mengubah arah matahari terbit.

"Adapun pembalikan medan magnet memang fenomena nyata yang telah terjadi beberapa kali di masa silam dan ilmuwan di seluruh dunia mempelajarinya, namun pernyataan jika hal ini membuat Bumi berputar ke arah sebaliknya yang menjadikan matahari terbit dari barat adalah salah," jelas Inclan.

Klaim itu sebelumnya diunggah di dalam bahasa Thailand dan Inggris. Dituliskan jika aktivitas Matahari itu terjadi akibat adanya pembalikan magnet.


Halaman :