About Bali

Melihat Kesenian Khas Jembrana di Desa Sangkaragung

 Senin, 31 Januari 2022, 18:40 WITA

bbn/idntrip.com/Melihat Kesenian Khas Jembrana di Desa Sangkaragung

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Jembrana. 

Jembrana memiliki sebuah kesenian khas yang bernama Seni jegog atau Kesenian Jegog. Kesenian ini berkembang dan menjadi sebuah pementasan rutin di sebuah desa di Jembrana. Desa ini adalah Desa Sangkaragung.

Desa Sangkaragung sendiri terletak di Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana. Desa ini berkembang menjadi desa wisata yang memiliki budaya dan seni yang cukup menarik, sehingga tidak mengherankan sejumlah wisatawan yang ingin mengetahui informasi tentang keberadaan desa Sangkaragung ini untuk mengenalnya lebih dekat, akan mengemas paket tour mereka ke desa ini.

Baca juga:
beritabali.com/read//gandum-langka-produsen-mie-instan-diminta-pakai-singkong" target="_self" title="Gandum Langka, Produsen Mie Instan Diminta Pakai Singkong">Gandum Langka, Produsen Mie Instan Diminta Pakai Singkong



 

 

Seni gamelam Jegog yang sekarang berkembang dengan baik di desa Sangkaragung tersebut menjadi salah satu seni tradisional Bali yang masih terjaga dengan saat baik, sering dipentaskan di berbagai even-event tertentu, seperti dalam hari ulang tahun kabupaten Jembrana, saat tradisi Makepung dan juga acara Pesta Kesenian Bali yang selalu digelar setiap tahunnya.

 

Seni jegog ini merupakan alat musik yang terbuat dari batang-batang bambu berukuran besar, bentuknya persis seperti seni tradisional rindik yang terbuat dari batang bambu dengan ukuran lebih kecil. Batang-batang bambu tersebut diatur dan diletakkan berjejer dengan panjang yang berbeda-beda, sehingga menghasilkan suara yang berbeda-beda.


Halaman :