Ekbis

Mau Tau Cara Kerja VPS dan Prinsipnya? Yuk Simak

 Minggu, 22 Mei 2022, 20:55 WITA

beritabali/ist/Mau Tau Cara Kerja VPS dan Prinsipnya? Yuk Simak.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Nasional. 

Apakah VPS berguna untuk website Anda? Pertanyaan ini yang sering menghantui pengembang website. 

Untuk menjawab pertanyaan ini, perlu diketahui cara kerja VPS dan prinsipnya. Dengan begitu, Anda bisa memastikan apakah VPS perlu dipasang atau tidak. Ada berbagai penyedia layanan hosting yang menyediakan VPS Indonesia

Salah satunya adalah Niagahoster. Banyak kelebihan dan keuntungan apabila menggunakannya. Namun, ada kriteria tertentu agar VPS bermanfaat untuk website Anda. 

Apa Itu VPS 

Sebelum mengetahui cara kerja VPS, yang pertama harus diketahui yaitu pengertian VPS. VPS atau Virtual Private Server adalah jenis hosting yang salah satu penggunaan yang populer VPS adalah untuk menyediakan penyimpanan file dan database website. 

VPS berada di atas level shared hosting dimana layanan ini digunakan oleh banyak user secara bersamaan. Sedangkan VPS lebih bersifat private yang merupakan server virtual tanpa bentuk fisik. Jadi, sumber daya atau resorcesnya bisa dikontrol penuh oleh user. 

User lain tidak akan bisa mengakses data Anda. Keuntungan inilah yang membuat VPS lebih terjaga keamanannya. Adanya akses root ke server juga memungkinkan user memasang aplikasi tanpa melibatkan penyedia hosting. 

Prinsip dan Cara Kerja VPS 

Prinsip dan cara kerja VPS mirip dengan server fisik namun VPS bersifat virtual. Dengan mengunakan layanan ini, Anda mampu melakukan berbagai kebutuhan website seperti memasang perangkat lunak atau menambah kapasitas sumber daya. 

Cara kerjanya dimulai dari komputer yang merupakan server fisik yang divirtualkan. Melalui komputer, user bisa menyimpan berbagai file yang dibutuhkan website. Browser akan meminta kebutuhan data ke server. 

Server akan memtransfer file melalui koneksi internet. Jadi, VPS berguna untuk menerima dan mengirimkan data atau service ke user. 

Kelebihan Virtual Private Server (VPS)

Setelah memahami cara kerja VPS, berikut adalah kelebihan VPS secara lebih lengkapnya.  

1. Meningkatkan Performa 

Salah satu penggunaan yang populer VPS adalah untuk menyediakan performa website lebih unggul. Hal ini karena kebutuhan website bisa ditransmisikan dengan cepat oleh server. Kapasitas bisa ditingkatkan sehingga loading website juga menjadi lebih cepat. 

Jika performa website bagus, maka tentu ini akan menaikkan jumlah pengunjung dan rangking google menjadi lebih baik. Dengan demikian, website akan berpeluang besar berada di halaman teratas atau peringkat pertama browser. 

2. Kontrol Penuh ke Server 

Jika menggunakan Shared Hosting, akses ke root terbatas sehingga user hanya bergantung pada software yang sudah disediakan oleh penyedia. Hal ini yang bisa menyebabkan masalah dalam keamanan karena software bisa sewaktu-waktu tidak digunakan. 

Untuk itu, gunakan VPS agar mendapatkan kontrol lebih baik itu menginstall aplikasi lain atau mengatur berbagai keperluan server. 

3. Hemat Biaya dan Efisien

Salah satu penggunaan yang populer VPS adalah untuk menyediakan berbagai sumber daya dan penyimpanan file dalam jumlah yang lebih besar. Anda cukup membayar dengan harga yang terjangkau dan sudah bisa mendapatkan berbagai layanan yang diberikan oleh VPS hosting. 


Halaman :





Trending