News

Mantan Pastor Dihukum Penjara Karena Kasus Pelecehan Seksual

 Rabu, 22 Desember 2021, 09:45 WITA

beritabali.com/ist/suara.com/Mantan Pastor Dihukum Penjara Karena Kasus Pelecehan Seksual

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Dunia. 

Seorang beritabali.com/tag/beritabali.com/tag/pastor">pastor">beritabali.com/tag/pastor">pastor warga negara beritabali.com/tag/Amerika-Serikat">Amerika Serikat yang pernah dipecat dari jabatannya di Timor-telah dijatuhi hukuman 12 tahun penjara.

Ia dinyatakan bersalah melakukan beritabali.com/tag/pelecehan-seksual">pelecehan seksual terhadap anak-anak perempuan yatim piatu yang berada di bawah asuhannya. Ini adalah kasus beritabali.com/tag/pelecehan-seksual">pelecehan seksual pertama yang melibatkan rohaniwan di beritabali.com/tag/Timor-Leste">Timor Leste, yang mayoritas penduduknya beragama Katolik.

Richard, usia 84 tahun, menerima hukumannya di distrik Oecusse, 200 kilometer sebelah barat kota Dili, ibu kota beritabali.com/tag/Timor-Leste">Timor Leste.

Setelah menghabiskan beberapa dekade sebagai misionaris di daerah terpencil tersebut, ia dituduh melakukan beritabali.com/tag/pelecehan-seksual">pelecehan seksual anak di bawah umur, pornografi anak, serta beritabali.com/tag/kekerasan">kekerasan dalam rumah tangga.

Sidang kasusnya sudah dimulai sejak bulan Februari, tetapi ditunda beberapa kali sebelum pembacaan keputusan. Selama persidangan, para korban mengeluh tentang ancaman dan serangan online.

Richard sebelumnya pernah mendapat dukungan kuat dari beberapa tokoh terkemuka, termasuk mantan presiden Xanana Gusmao, yang menghadiri jalannya sidang, Selasa ini (21/12).

beritabali.com/tag/Timor-Leste">Timor Leste dianggap sebagai tempat paling Katolik di luar Vatikan. Richard juga sudah dianggap sebagai salah satu tokoh kunci dalam perjuangan kemerdekaan negara kecil di Asia Tenggara itu.

Richard lahir di Pennsylvania, beritabali.com/tag/Amerika-Serikat">Amerika Serikat. Ia pertama kali datang ke beritabali.com/tag/Timor-Leste">Timor Leste pada tahun 1966, yang saat itu berada di bawah koloni Portugis.

Richard sudah dianggap sebagai pahlawan oleh banyak warga beritabali.com/read/2019/10/01/201910010008/tingkatkan-kesiapsiagaan-timor-leste-kunjungi-bpbd-bali">beritabali.com/tag/Timor-Leste">Timor Leste, karena perannya dalam menyelamatkan anak-anak selama perjuangan kemerdekaan negara.


Halaman :





Trending