News

Manfaat-Manfaat Tersembunyi Dari Makanan Fermentasi

 Selasa, 25 Januari 2022, 16:00 WITA

bbn/liputan6.com/Manfaat-Manfaat Tersembunyi Dari Makanan Fermentasi

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Nasional. 

Makanan fermentasi adalah jenis makanan yang diproduksi melalui proses fermentasi. Jenis makanan seperti ini biasanya sudah matang kemudian dialah lagi dengan proses fermentasi. Makanan yang biasa punya rasa asam ini ternyata memiliki sejumlah manfaat. Berikut manfaat dari makanan fermentasi yang perlu diketahui.


1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat makanan fermentasi selanjutnya adalah makanan fermentasi dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Faktanya, bakteri yang hidup di usus berdampak signifikan pada sistem kekebalan tubuh manusia.

Kurangnya bakteri baik pada usus dapat menyebabkan peradangan di dinding usus yang disebabkan oleh mikroba yang tumbuh tak terkontrol. Dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan probiotik, dapat mendukung mukosa (lapisan usus) sebagai penghalang alami, membuat sistem imun menjadi lebih kuat.


2. Menyehatkan Pencernaan

Makanan fermentasi biasanya mengandung bakteri probiotik. Mengonsumsi makanan fermentasi dapat menambahkan bakteri dan enzim yang menguntungkan tubuh ke dalam usus, agar meningkatkan mikroba usus sehingga baik untuk sistem pencernaan dan sistem kekebalan tubuh.

Probiotik yang diproduksi selama proses fermentasi dapat membantu mengembalikan keseimbangan bakteri yang ramah usus. Probiotik telah terbukti dapat mengurangi gejala sindrom irritable bowel syndrome (IBS) atau iritasi usus besar.


3. Meningkatkan Mood

Manfaat makanan fermentasi juga dapat meningkatkan dan memperbaiki mood. Usus dan otak terhubung melalui hypothalamic-pituitary-adrenal (HPA) yang secara teknis disebut sebagai sistem saraf enterik.

Usus dilapisi dengan neuron yang dapat mempengaruhi emosi dan perasaan kita. Lalu, serotonin yang bermanfaat mengelola suasana hati manusia juga dibuat di dalam usus. Karena bakteri probiotik pada makanan fermentasi berkontribusi untuk kesehatan usus, maka probiotik juga menjadi salah satu faktor yang dapat membantu meningkatkan mood dan menjadikan pikiran lebih sehat.


Halaman :





Trending