News

Macam-Macam Penyakit Kulit yang Perlu Anda Tahu

 Selasa, 17 Mei 2022, 21:30 WITA

bbn/Suara.com/Macam-Macam Penyakit Kulit yang Perlu Anda Tahu

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Nasional. 

Menjaga kesehatan kulit agar tetap tampil menarik memang jadi hal yang penting. Namun demikian, kesehatan kulit juga wajib terjaga agar terhindar dari macam-macam penyakit kulit yang senantiasa mengintai.

Penyakit kulit sendiri bisa disebabkan oleh berbagai hal. Mulai dari penyebab ringan seperti iritasi atau akibat kurang menjaga kebersihan, hingga penyebab yang lebih serius seperti reaksi obat, alergi, atau kelainan pada kulit.

Maka untuk mengetahui beberapa jenis penyakit kulit yang sering mengancam, Anda bisa simak macam-macam penyakit kulit di bawah ini.

1. Hemangioma

Penyakit ini terjadi saat ada jaringan darah yang abnormal di dalam tubuh dan memicu tumbuhnya daging atau kulit namun bukan kanker. Sialnya, penyakit ini sering muncul di lapisan organ dalam manusia.

Penyakit ini masuk ke dalam jenis tumor pembuluh darah, dan bisa mengakibatkan kulit terlihat ungu atau biru saat muncul di lapisan kulit dalam. Selain di hati, penyakit kulit ini bisa muncul di kulit kepala, tangan, kaki, punggung, dada, hingga wajah.

2. Cold Sore

Juga dikenal dengan istilah lain Herpes Simplex Virus, adalah penyakit yang ditandai dengan lepuhan terasa sakit di bagian mulut atau bibir. Penyakit ini sering dialami anak-anak dan bisa sembuh dengan sendirinya, meski memakan waktu yang tidak sebentar.

Saat terserang penyakit kulit ini, seorang akan mengalami beberapa gejala yang mirip dengan flu. Ditularkan lewat air liur dan kontak fisik pada bagian tubuh yang terbuka, sebenarnya penyakit ini cukup mudah untuk dihindari karena penderitanya tampak secara jelas.

3. Bisul

Yap, siapa tak mengenal bisul. Munculnya benjolan dari dalam kulit disertai rasa nyeri, dengan warna kemerahan, dan berisi nanah, penyakit kulit yang satu ini disebabkan oleh infeksi bakteri pada kulit.


Halaman :