About Bali

Kalender Tika, Kalender Kuno Bali Dengan Tanda Khusus

 Kamis, 20 Januari 2022, 13:05 WITA

bbn/metrobali.com/Kalender Tika, Kalender Kuno Bali Dengan Tanda Khusus

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Nasional. 

Kalender Tika adalah benda yang umumnya terbuat dari kayu untuk melihat hari, rerahinan dan menentukan dewasa ayu atau hari baik. Benda itu disebut Tika atau sering disebut dengan kalender kuno yang digunakan oleh umat Hindu di Bali.

Untuk sejarah Tika, belum bisa diketahui secara pasti, namun beberapa sumber menyebutkan Tika adalah tatanan wariga, yang memuat wuku dan wewaran yang dituliskan dalam bentuk simbol-simbol. Maka dari itu, untuk membaca Tika, diperlukan pengetahuan tentang ilmu Wariga dan pemahaman terhadap gambar atau simbol yang ditampilkan pada Tika tersebut.

Salah seorang narasumber I Made Suatjana menerangkan, bentuk dasar Tika adalah gambar dari 30 kolom wuku dan 7 baris yang menggambarkan 7 hari panjang masing-masing wuku. Tujuh hari dalam gambar dasar wuku tersebut merupakan rumah dari pada Sapta Wara, wewaran yang siklusnya 7 hari. 

“Salah satu tujuan dari pada pembuatan Tika adalah untuk memudahkan menemukan beragam wewaran atau gabungan wewaran dalam pawukom atau wuku. Oleh karena itu, jumlah simbol yang dicantumkan dibatasi,” ujarnya.

Sedangkan cara penentuan dewasa pada Tika didasari dengan pengetahuan tentang rumus pedoman dewasa sesuai dengan rumusannya. Dalam ilmu wariga, termuat pedaoma  pedewasan berdasarkan wewaran, berdasarkan pawukon, berdasarkan tanggal-panglong, berdasarkan sasih, dan berdasarkan dauh. 

“Akan tetapi terkait dengan keberadaan Tika yang hanya memuat wewaran, pawukon dan ingkel, maka penentuan padewasan pada Tika hanya terbatas pada dewasa yang berdasarkan wewaran, pawukon dan ingkel. Sedangkan padewasan yang berdasarkan tanggal, sasih, dan dauh tidak tercantumkan,” papar narasumber lain, I Gede Marayana.


Halaman :