About Bali

Jero Bendesa Gairahkan Generasi Muda Tulis Aksara Bali di Lontar

 Senin, 27 Juni 2022, 10:00 WITA

beritabali/ist/Jero Bendesa Gairahkan Generasi Muda Tulis Aksara Bali di Lontar.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Badung. 

Jero Bendesa Adat Kapal, Mengwi, Badung I Ketut Sudarsana sejak tahun 1980 an mulai melestarikan penulisan serta mengedukasi generasi muda dalam hal menyurat beritabali.com/index.php/tag/aksara-Bali">beritabali.com/tag/aksara-Bali">aksara Bali ke dalam beritabali.com/tag/lontar">lontar.

"Penulisan beritabali.com/tag/lontar">lontar harus disebarluaskan ke seluruh masyarakat, bukan hanya masyarakat Kapal saja melainkan ke masyarakat Hindu di Bali secara keseluruhan," jelasnya, Sabtu (24/06/2022).

Ia mengungkap dalam beritabali.com/tag/lontar">lontar tersirat pendidikan budi pekerti, sehingga sebagai orang Bali memiliki nilai-nilai akhlak yang sangat baik.

"Langkah-langkah nyata telah dilakukan dalam penulisan beritabali.com/tag/lontar">lontar baik masyarakat di luar dan di beritabali.com/read/2017/05/10/202109220036/alasan-desa-adat-kapal-memilih-ngaben-daripada-kremasi">beritabali.com/tag/Desa-Kapal">Desa Kapal sendiri tetap dibina," ujarnya.

Pembinaan mulai dilakukan ke tingkat SD sampai perguruan tinggi. 

"Ini saya lakukan memang dengan tulus iklas, tanpa ada kepentingan tetapi untuk bagaimana beritabali.com/tag/aksara-Bali">aksara Bali yang merupakan beritabali.com/tag/warisan">warisan adi luhung dari nenek moyang tetap lestari hingga di masa yang akan datang", bebernya. 


Halaman :