News

Jelang KTT G20, PLN Tingkatkan Keandalan Listrik Bali

 Senin, 27 Juni 2022, 20:50 WITA

bbn/aptika.kominfo.go.id/Jelang KTT G20, PLN Tingkatkan Keandalan Listrik Bali

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Nasional. 

Menjelang event internasional KTT G20 yang rencana dilangsungkan di Bali pada November 2022, PLN terus melakukan pembenahan sistem kelistrikan untuk menjamin keandalan penyaluran listrik ke Pulau Dewata. 

PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali (UIT JBM) pun melakukan pemeliharaan serta penambahan infrastruktur dari sistem 20 kV hingga sistem besar 150 kV.

Pemeliharaan dan penambahan dilakukan pada sistem Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) yang mengalirkan energi listrik dari Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Paiton ke sistem kelistrikan Bali melalui Saluran Kabel Laut Tegangan Tinggi (SKLT) 150 kV Ketapang-Gilimanuk. 

PLN UIT JBM juga melakukan pemeliharaan peralatan GI outdoor, pemeliharaan Cable Head SKLT Jawa-Bali, pembersihan isolator di jaringan transmisi, pembangunan Bus Section, dan penguatan sistem proteksi.

“Pekerjaan ini sudah dilakukan sejak dua pekan lalu. Untuk tahap pertama dan tahap kedua ini kami lakukan kembali dengan skala pekerjaan lebih besar dari Paiton-Situbondo-Banyuwangi-Gilimanuk," kata General Manager PLN UIT JBM Didik F. Dakhlan, Senin (27/6/2022).

Didik menjelaskan, pekerjaan pembersihan isolator sejumlah 176 tower transmisi sepanjang 187 kms dari Paiton-Situbondo-Banyuwangi dilakukan dengan menerjunkan 96 personel. Kegiatan ini bertujuan agar sistem pertahanan di jaringan transmisi tetap optimal dan menghindari terjadinya korosi pada isolator.

"Tak hanya pemeliharaan pada jaringan, PLN UIT JBM juga melaksanakan pemeliharaan pada Gardu Induk (GI) di Situbondo, Banyuwangi dan Gilimanuk," ujarnya.


Halaman :