News

Insentif Nakes di Gianyar Akhirnya Cair, Total Rp12 Miliar

 Jumat, 03 September 2021, 21:20 WITA

beritabali/ist/Nakes sedang vaksinasi seorang penyandang disabilitas di Gianyar.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Gianyar. 

Pencairan insentif tenaga kesehatan (nakes) penanganan Covid-19 di Gianyar segera terealisasi. 

Hal ini buntut dari setelah Bupati Gianyar Made Mahayastra mendapat teguran dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian karena kedapatan belum membayar insentif nakes.

Hal ini ditegaskan Ketua Harian Satgas Covid-19 Gianyar Made Gede Wisnu Wijaya saat ditemui Kamis (2/9). "Insentif nakes sudah klir," ujarnya singkat. 

Mengenai besarannya, berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar mencapai Rp 12 Miliar lebih untuk periode Januari-Juni 2021.

 Jumlah nakes yang menerima insentif sebanyak 2.162 orang. Terdiri dari 148 dokter spesialis, sebanyak 209 dokter umum dan dokter gigi, sebanyak 957 perawat dan bidan, serta 848 orang tenaga kesehatan lainnya. Jadi jumlah total penerima insentif nakes adalah 2.162 orang. 

Untuk 148 dokter spesialis, realisasi insentif selama Januari-Juni sebesar Rp 1,3 Miliar lebih. Untuk dokter umum dan dokter gigi terealisasi Rp 1,4 Miliar lebih. 

Untuk bidan dan perawat terealisasi Rp5,6 miliar lebih, dan untuk tenaga kesehatan lain terealisasi sebanyak Rp3,9 Miliar lebih. Sehingga total insentif yang direalisasikan senilai Rp 12,3 Miliar lebih. 

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Gianyar, dr Ida Komang Upeksa, menegaskan seluruh nakes sudah memperoleh insentif. "Itu sudah, sudah," tegasnya, Jumat (3/9).

Upeksa menegaskan, lambannya pencairan karena dari Puskesmas sibuk mengurus penanganan covid di tiap Kecamatan dan desa. 


Halaman :